Bukan di Cabut, Ini Subsidi Tepat Sasaran Dari Pemerintah

0
506
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) akan kembali menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) kepada pelanggan listrik dengan daya 900 VA yang termasuk golongan Rumah Tangga Mampu (RTM) pada 1 Maret 2017.

General Manager (GM) PT PLN (Persero) Distribusi Lampung, M. Irwansyah Putra mengatakan bahwa naiknya tarif listrik golongan ini merupakan tahapan kedua subsidi tepat sasaran pada listrik 900 VA.

“Pemerintah mengurangi subsidi dari pemerintah, namun secara bertahap, tahapan satu, tahapan kedua, tahapan ketiga baru selanjutnya akan diberlakukan tarif ekonomian, dan ini merupakan tahapan yang kedua setelah sebelumnya tahapan pertama pada januari lalu,” kata Irwansyah saat dihubungi Trans Lampung via telpon, Selasa (28/2).

Namun Irwan menjelaskan, bahwa itu merupakan subsidi tepat sasaran dari pemerintah, jadi menurut dia pemerintah tidak mencabut subsidi, tetapi akan diberikan kepada yang benar-benar berhak mendapatkan subsidi tersebut.

“Itu bukan dicabut, tapi subsidi tepat sasaran dari pemerintah, yang nantinya untuk masyarakat yang memang berhak mendapatkan subsidi,” ucap Irwansyah.

Dia menambahkan, bahwa subsidi tepat sasaran tersebut sudah dilakukan penyuluhan oleh pemerintah kepada masyarakat, Irwan menjelaskan bagi beberapa pelanggan 900 VA yang yang dicabut subsidinya, dan dirasa pelanggan tersebut berhak bisa langsung melapor ke kepala desa atau kampung untuk didata dan di usulkan untuk mendapatkan subsidi kembali.

“Ada yang melakukan pengaduan dengan alasan mereka adalah kelompok pelanggan tidak mampu dan tidak berhak jika dicabut subsidinya. Atas dasar itu, pemerintah melakukan pencocokan ulang data pelanggan dan di ajukan kepada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), dan dikator-kantor desa saya lihat sudah berjalan itu,” ujar dia.(hkw)