Buat Sasaran yang Jelas

0
642
views

Gubernur Lampung Ridho Ficardo mengunjungi Kabupaten Lampung Timur, untuk memberi arahan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Lampung Timur,  Kamis (24/3/2016).

Acara yang berlangsung di Gedung Pusiban Pemda Lampung Timur  ini, Ridho mengingatkan ada 4 hal utama yang harus diperhatikan dalam kaitan perencanaan pembangunan. Pertama, Ridho harapkan Musrenbang menghasilkan sasaran yang realistis.

“Buatlah sasaran yang realistis. Sasaran yang ditetapkan adalah sasaran yang bisa dicapai, tapi juga jangan terlalu rendah. Kalau sasarannya terlalu rendah, tidak harus bekerja keraspun akan dicapai.” Kata Ridho mengingatkan.

Kedua, Ridho harapkan adanya re-orientasi alokasi anggaran. Menurutnya perencanaan merupakan suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, sehingga akan disimpulkan urutan pilihan prioritas. Namun hambatannya adalah terletak pada keterbatasan anggaran. Maka, saat ini diperlukan re-orientasi dalam hal alokasi anggaran.

“Kebijakan anggaran yang berdasarkan “money follow function” perlu dipertajam menjadi “money follow priority”. Dalam arti, kita harus mampu mengendalikan alokasi anggaran untuk program yang benar-benar prioritas dan mampu memberikan target dan sasaran yang jelas, yang mampu memberi dampak  positif berganda dalam cakupan yang lebih luas” ujar Ridho.

Ketiga, Ridho juga kembali mengingatkan pentingnya sinergi. Seperti kehadirannya pada  Musrenbang kali ini, selain sebagai silahturahmi juga bertujuan untuk memantapkan cita-cita bersama sebagai penentu kelancaran dalam mencapai sasaran pembangunan.

Dijelaskannya, tanpa adanya sinergi maka pembangunan akan berjalan tanpa koordinasi. Konsekuensinya adalah, keluaran (output) dan capaian (outcome) pembangunan daerah tidak akan maksimal, bahkan manfaat (benefit) dan dampak (impact) positif dari pembangunan tersebut kurang atau tidak dapat dirasakan oleh masyarakat.

Dan terakhir, yang tak kalah penting yakni Ia harap sesegera mungkin eksekusi segala program yang direncanakan sehingga serapan anggaran bisa terjadi dan kegiatan tak menumpuk diakhir tahun.

“Perencanaan yang baik harus segera dieksekusi, rencana yang disusun harus segera dimulai, segera dikerjakan sehingga tidak kehilangan momentum. Hambatan-hambatan akan selalu ditemui, untuk itulah lakukan secepatnya agar cepat pula mendapat jalan keluar.” Kata Ridho.

Mengenai agenda besar Pemprov Lampung, yakni menjadikan daerah Timur Lampung menjadi kawasan Industri, Ridho mengharapkan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur bisa bekerjasama dalam menetapkan lokasi-lokasi ideal di Lamtim, sebagaimana Kabupaten lain yang sudah mulai menetapkan lokasi dan melakukan pembicaraan serius dengan Pemprov dan Investor seperti Lamsel, Tubabar, dan Mesuji.

Sehingga Kawasan Industri di Lampung Timur bisa segera mungkin dikordinasikan dengan Pemerintah Pusat dan dicarikan Investor agar  bisa segera terbangun dan secepat mungkin terbuka lapangan kerja yang menyerap puluhan ribu tenaga kerja guna menekan angka pengangguran, kemiskinan dan kejahatan seiring pula dengan momentum Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. (RA)

LEAVE A REPLY