. . .

BPOM : Jajanan Sekolah Aman

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Jajanan anak tidak berbahaya, pasalnya dalam pemeriksaan Satuan Petugas (Satgas) Pangan kota Bandarlampung bersama Badan POM (BPOM) gelar Uji Lab makanan ringan disekitar Sekolah Dasar (SD) kota Tapis Berseri.

Demikian diungkapkan, Kepala Bidang Pemeriksaan Badan POM, Trisuyarto. Menurutnya dalam uji lab yang mereka lakukan kali ini terbukti dalam kandungan jalanan anak khususnya SD.

“Iya hari ini kita telah melakukan uji lab pada jajahan anak khususnya Sd, terbukti dari beberapa semple yang sudah kita dapati tidak mengandung formalin,  boraks, serta Rhodamin-B,” ujarnya, usai menguji beberapa semple makanan, di gedung satu atap pemerintah kota Bandarlampung, Rabu(14/11).

Juga ditambahkan olehnya, dalam pengecekan keamanan makanan serta jajanan di sekitar kota Bandarlampung, pihaknya akan melakukannya secara bertahap, “saat ini kita baru ke SD,SD dulu kaya SD teladan dan persit, alhamdulillah negatif tidak ditemukan zat-zat berbahaya,” ungkapnya.

Namun demikian, meskipun pihaknya tak menemukan zat berbahaya dalam kandungan makanan yang di jajakan di sekitaran SD, Trisuryato menyayangkan kehigenisan tempat penjualan karena menurutnya kondisi lingkungan penjual sangat kotor.

“Meskipun yak mengandung zat berbaya tetapi kondisi kebersihan penjual kurang higenis,” paparnya.

Diketahui pula, dalan semple BPOM bersama Satgas Pangan mengumpulkan beberapa makanan seperti Bakso Bakar, Harumanis, Kue, Manisan Mangga, Sate Ampela, Cireng, hingga Cimol.

Sementara itu,  Kepala Bidang Ketahanan Pangan Kota Bandarlampung, Rozali, Juga menjelaskan pihaknya akan terus bersinergi dengan BPOM lampung dalam menyisir sejumlah produk, makanan yang dinilai mencurigakan.

“Dalam hal ini, kami mengajak BPOM dalam menguji semple makanan jajanan anak dibeberapa sekolah untuk melihat keamanan dan kelayakan makanan itu tersebut,” jelasnya.

Kedepan pula, Satgas Pangan akan melakukan siddak produk berbahaya di sekitar kota Bandarlampung, “kita bukan hanya disini nanti pun pasti kita akan melakukan siddak kebeberapa tempat seperti supermarket lainnya guna pengecekan kelayakannya,” tegasnya.

Nah, mendekati akhir tahun juga, pihaknya tak hanya melakukan siddak makanan, namun pula dalam segi penekanan harga pasaran yang tak boleh melebihi ketentuan pihaknya dalam menjual produk, baik bahan pokok, dan lainnya.

“Mendekati akhir tahun, juga perayaan besar, kita juga akan melakukan siddak harga pokok, semua akan kita lakukan demi menjaga keamanan dan kelayakan produk penjualan di kota Bandarlampung,” tandasnya. (jef/hkw)