. . .

BPN Lambar, November Distribusikan Sertifikat Melaui PTSL

image_print

November, Program Penyertifikatan Tanah di Bagikan

TRANSLAMPUNG. COM, LAMBAR
-Program Penyertifikatan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang di gelontarkan Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tahun 2019 sudah berjalan 90 persen.

PTSL yang populer dengan sertifikasi tanah, merupakan wujud pelaksanaan kewajiban Pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Program ini merupakan inovasi Pemerintah melalui Kementrian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan atas kepemilikan lahan yang diatur dalam peraturan menteri ATR/BPN Nomor 12 tahun 2017 tentang PTSL.

Dikatakan Kepala ATR/BPN Lambar, Joni Imron, Penyertifikatan tanah sebanyak 11 ribu untuk Lambar, sampai saat ini sudah 90 persen dilapangan, diperkirakan akan finis bulan ini (Agustus .Red).

Menurutnya, diperkirakan PTSL seperti penginputan data oleh pihak BPN sudah mulai berjalan pada September atau Oktober mendatang sehingga target pembagian PTSL dibulan November kepada masyarakat.

“Kira-kira di bulan 11 mendatang sudah dapat dibagikan kepada mmasyarakat, semoga tidak ada kendala dan berjalan sesuai harapan kita semua,” terangnya.

Nantinya papar dia, setelah masyarakat mendapatkan sertifikat melalui program ini maka masyarakat nantinya dapat menggunakan sertifikat tersebut sebagai modal pendampingan usaha agar dapat berdaya, “dan berhasil guna bagi peningkatan tarap hidup masyarakat”. Terang dia.

Sementara untuk diketahui, tahun 2020 Kementerian ATR/BPN resor Lambar dan Kabupaten Pesisir Barat (KPB) kembali mewacanakan 15 ribu PTSL namun belum dapat diperkirakan Lambar akan mendapat berapa ribu program sertifikasi tanah tersebut. (Safri/r7)

error: Content is protected !!