BPJS Kesehatan Perluas Jaringan Pelayanan Kesehatan

TRANSLAMPUNG.COM, KOTABUMI –  Dalam kurun waktu empat tahun berjalan program Jaminan Kesehatan Negara-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), sampai saat ini yang sudah menjadi peserta mencapai 193.535.881 jiwa masyarakat Indonesia.

“Untuk wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi sendiri dari total jumlah penduduk sebanyak 1.821.942 jiwa, yang sudah menjadi peserta JKN-KIS sebanyak 1.062.450 jiwa dan ini tersebar di 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Lampung Utara, Way Kanan, Pesisir Barat dan Lampung Barat. Dari total peserta yang sudah mendaftar itu terdiri dari berbagai segmen peserta seperti Pekerja Penerima Upah (PPU) PNS, BU Swasta, PBPU (Pekerja Mandiri), PBI APBN dan APBD,” ungkap Kepala BPJS Cabang Kotabumi, Mahmul Ahyar saat menggelar jumpa pers di Aula Kantor BPJS setempat,  Kamis (15/3).

Untuk memenuhi kebutuhan peserta dan meningkatkan pelayanan kesehatan, lanjut Mahmul Achyar, BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi terus memperluas jaringan pelayanan fasilitas kesehatan baik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).

Untuk jumlah FKTP di wilayah kerja Kantor Cabang Kotabumi yang sudah bekerjasama sebanyak 115 FKTP yang terseber di 4 Kabupaten yaitu  47 FKTP di Lampung Utara, 37 di Way Kanan, 20 di Lampung Barat dan  12 di Pesisisr Barat, untuk FKRTL yang sudah bekerjasama sebanyak 9 Rumah Sakit yaitu 4 di Lampung Utara, 3 di Way Kanan, 2 di Lampung Barat.

“Harapan kita di tahun 2018, empat Kabupaten wilayah kerja Kantor Cabang Kotabumi bisa mencapai Universal Health Coverage (UHC)/ Cakupan Semesta dengan 95 persen penduduk di masing-masing kabupaten sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS,” ucapnya.

Oleh karena nya, BPJS selalu terbuka menerima saran dan kritikan yang sifatnya membangun program JKN-KIS tersebut dan akan selalu berusaha meningkatkan mutu pelayanan. Serta akan terus memperluas jaringan fasilitas kesehatan tentunya sesuai dengan kebutuhan dan perhitungan analisa yang matang, dan BPJS juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang sudah bersinergi dengan BPJS Kesehatan untuk suksesnya  program JKN-KIS tersebut. Sesuai dengan VISI BPJS Kesehatan yaitu terwujudnya JKN-KIS yang berkualitas dan berkesinambungan.

Bahkan saat ini BPJS Kesehatan telah mengeluarkan satu lagi Inovasi terbaru yaitu aplikasi Mobile JKN yang bertujuan untuk memberikan semua kemudahan kepada seluruh peserta JKN-KIS,  Yang mana pada aplikasi ini peserta dapat melakukan transaksi seperti pindah fasilitas kesehatan tingkat pertama, melihat tagihan, bahkan melihat riwayat pengobatan yang sudah pernah dilakukan.

“Kerenanya, kami menghimbau kepada seluruh peserta program JKN-KIS untuk selalu membayar iuran dengan tepat waktu dan mengikuti semua prosedur yang ada. Dengan gotong-royong semua tertolong BPJS Kesehatan untuk JKN-KIS yang berkualitas dan berkesinambungan,” pungkasnya. (eka/hkw)

News Reporter