BPIP Balitbangtan Serahkan 2000 Bibit Cabai

0
598
views

TRANSLAMPUNG.COM, BandarLampung-BPIP Balitbangtan Lampung menyerahkan bibit cabai Kepada PW KPPI Provinsi Lampung sebanyak 1000 bibit dan DPD IWAPI Provinsi Lampung sebanyak 1000 bibit Cabai di Kantor Dinas Kementrian Pertanian Provinsi Lampung, Jalan ZA Pagar Alam Bandarlampung, Selasa (14/2).

Dengan menggandeng KPPI, DPD IWAPI melakukan penyerahan bibit cabai. Penyerahan bibit cabai ini mendukung gerakan tanam cabai, BPIP Balitbangtan Lampung Menyerahkan bibit cabai Kepada PW KPPI Provinsi Lampung sebanyak 1000 bibit dan DPD IWAPI Provinsi Lampung sebanyak 1000 bibit.

Penyerahan bibit cabai sendiri dilakukan oleh Kepala BPIP Balitban Lampung A. Arivin Rivaie kepada Pengurus PW KPPI Provinsi Lampung dan DPD IWAPI Provinsi Lampung. Bibit tersebut rencananya akan disebarkan dan ditanam oleh anggota PW KPPI Provinsi Lampung dan DPD IWAPI Provinsi Lampung.

Ketua KPPI Apriliati mengatakan kegiatan ini merupakan proyek bagi KPPI khususnya.

“KPPI merupakan organisasi lintas partai perempuan yang aktif dalam partai politik, dimasing kota atau kabupaten pemilihan dengan adanya bantuan ini kita jadikan proyek gerakan tanam cabai, untuk KPPI jumlah pengurus ada 32 orang masing-masing dari perwakilan partai politik yang diusulkan parpol, dan kegiatan ini akan segera disosialisasikan kepada masyarakat,” kata perempuan yang aktip dalam partai PDIP itu.

Sementara itu, Arivin menuturkan pihaknya akan melakukan pendampingan khusus melihat yang akan menanam tidak ada keahlian khusus untuk penanaman Cabai.

“Kita lakukan pendampingan full mulai dari teknis pembibitan siap salur pengolahan tanah, pembuatan bedeng, sampai waktu panen, kita akan ajari, dan untuk pemasaran bisa dijual langsung ataupun jalur Marketing IWAPI,” ujarnya.

Durinya juga menambahkan Pad proses penanaman nya akan selain akan diajari setiap minggunya akan dilakukan pengecekan.

“Pada Perawatan tanaman diharapkan ada petugas khusus yang menangani dan memonitor setiap hari, bptp akan mendatangi setiap minggu” tambahnya.

Menanggapi itu Ketua IWAPI Triwiyati Sunardi menuruti semua anjuran yang akan diberikan kepada pihaknya.

“Kami mempunyai kebun kolektif dan mempunyai tanah untuk diolah paling tidak lima jenis bibit cabe, karena menanam akan sulit jika tidak ada keahlian, maka kita Berterimakasih jika ada Pembimbing dan siap dipasarkan dengan harga premium,” pungkasnya.

Diketahui Dukungan BPTP Balitbang Lampung dalam Gerakan Tanam Cabai yaitu menyediakan 500.000 bibit cabai untuk Provinsi Lampung yang tersedia di TSP Natar, KP Tegineneng, dan Lab Disem asi Masgar, dalam kesempatan ini BPIP Balitbnagtan juga menyerakan panduan teknologi budidaya cabai dalam bentuk leaflet.(r4)