BPBD : Kebakaran Itu Cuma Simulasi

0
340
views

translampung.com – Warga Pringsewu terkejut, sebab terjadi kebakaran yang terletak di pojok Lapangan Pemkab Pringsewu membuat upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-7 Kabupaten Pringsewu di lapangan pemkab setempat, Senin (4/4). Seluruh barisan peserta upacara mendadak berhamburan. Pejabat di tribun utama juga ikut berlarian.

Untungnya, upacara telah usai beberapa menit sebelum kebakaran terjadi. Saat terjadi kebakaran sekitar pukul 10.00 WIB, tidak jauh dari lokasi itu ada sejumlah masyarakat yang lalu mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. Menyiramkan air menggunakan ember dan pasir. Namun api justru semakin membesar dan membakar hingga hampir sebagian rumah.

Dalam kondisi masih terkejut, ada sejumlah warga yang bergerak cepat membantu memadamkan dan menghubungi Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pringsewu. Sedang satgas Pramuka peduli turut membantu mengevakuasi korban dan harta yang bisa diselamatkan.

Harta benda yang bisa diselamatkan sementara diamankan pihak Polisi Pamong Praja dan Kepolisian yang ikut menjaga sekitar lokasi kebakaran. Tindakan ini untuk menghindarkan kemungkinan terjadi penjarahan. Mengingat situasi ramai masyarakat.

Beberapa waktu kemudian, mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Pihak Dinas Perhubungan mengatur jalan masuk mobil damkar di tengah kerumunan massa yang melihat kebakaran.

Lalu dengan sigap, petugas pemadam kebakaran bergerak dengan bergotong-royong mengangkat selang air mengarahkan semprotan ke lokasi kebakaran. Beberapa menit kemudian, rumah yang terbakar di pojok lapangan Pemkab Pringsewu langsung padam.

Satgas juga menghubungi ambulans agar segera ke lokasi kebakaran karena ada beberapa warga yang pingsan akibat menghirup asap tebal. Juga korban yang terbakar ikut dievakuasi.

Kepala BPBD Kabupaten Pringsewu Relawan menerangkan kepada wartawan, kebakaran rumah itu merupakan simulasi dan aksi demonstrasi penanganan bencana kebakaran oleh Balakar (Bala Bantuan Kebakaran), Pramuka Siaga, pihak SKPD terkait serta Satgas Pemadam Kebakaran BPBD Pringsewu.

“Hal ini dalam rangka memperingati HUT ke-7 Kabupaten Pringsewu dan HUT Pemadam Kebakaran ke-97,” terang Relawan. (db)

LEAVE A REPLY