. . .

BNNK Kota Metro Sinergi dengan Diskes dan Disos

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Kota Metro siap sinergi instansi pemerintah Kota Metro terutama Dinas Kesehatan (Diskes) dan Dinas Sosial (Disos) Kota Metro dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika. Sinergi antar pemangku kepentingan itu agar instansi pelayanan rehabilutasi berjalan lebih maksimal. Nantinya juga akan membentuk tim khusus kota yang khusus menanggulangi masalah penyalahgunaan narkotika di Kota Metro.

Menurut Saut Siahaan selaku kepala BNNK Kota Metro, bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah rapat koordinasi antar pemangku kepentingan program rehabilitasi adalah untuk menyamakan persepsi serta terjalinya koordinasi dan komunikasi yang intens antar instansi pelaksana layanan rehabilitasi agar pada pelaksanaanya dapat berjalan sinergi tanpa adanya tumpang tindih program sehingga target dan outcome program rehabilitasi yang ada di BNN Kota Metro tahun 2018 dapat tercapai.

Dari pantauan di acara rapat koordinasi, di kantor BNNK Kota Metro, pada hari Selasa (8/5), peserta berasal dari instansi pemerintah Kota Metro dan masyarakat. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kerjasama dalam pelaksanaan, pencegahan, dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika di wilayah Kota Metro serta terinventarisirnya permasalahan pelaksanaan rehabilitasi di tingkat Faskes Pratama disepakatinya rencana kerjasama program rehabilitasi tahun 2019.

“Nantinya juga kita akan membentuk tim khusus untuk menanggulangi masalah narkotika, karena tenaga medis spesialis narkotika yang ada di puskesmas ada yang mengalami mutasi sehingga berpindah tempat. Kalau kita bentuk tim kota maka akan lebih memudahkan,” kata Saut.

Dalam rakor ini juga BNNK mengajak seluruh instansi agar tidak alergi dengan BNNK karena selama ini sudut pandang masyarakat dan instansi yang berhubungan dengan BNNK akan terlibat dengan  masalah hukum. (suf/hkw)