BMI Lampung Gelar Konsolidasi dan Buka Bersama

0
493
views

TRANSLAMPUNG.COM, Bandarlampung – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Banteng Muda Indonesia (BMI) Lampung mengadakan Rapat Konsolidasi dan Buka Puasa bersama di Aula Rumah Makan Sederhana Jl. Teuku Umar Kedaton Bandar Lampung Kamis (15/6).

Pada kesempatan tersebut hadir lengkap Pengurus DPD BMI Lampung, Ketua Oking Ganda Miharja, Sekretaris Ahmad Jares Mogni, Bendahara Surya Abdul Djalil jajaran Wakil Ketua, Wakil Sekretaris dan Wakil Bendahara serta Dewan Pengarah Yanuar Irawan dan Heridian.

Dalam sambutannya Ketua DPD BMI Oking Ganda Miharja menjelaskan Sejarah lahirnya BMI, “BMI adalah organisasi yang didirikan atas prakarsa Partai atau didirikan secara langsung oleh partai yang kemudian menjadi organisasi sayap partai. BMI adalah sayap partai pertama yang didirikan oleh Partai, selanjutnya Bamusi, TMP, Repdem dan terakhir Ganti. Berdasarkan Tujuan berdiri nya Banteng Muda Indonesia adalah dalam rangka memperluas langkah perjuangan untuk melakukan pengorganisiran rakyat sesuai jenis komunitasnya sebagai upaya membantu partai dalam melaksanakan tugas mewujudkan cita-cita partai serta penggalangan pemilih dikomunitas masing-masing diluar basis partai.”

“Selain itu untuk menjaga roh api perjuangan nasional para pendiri Republik Indonesia, menjaga keutuhan dan martabat dengan berkorban apapun, memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan dengan membentuk suatu masyarakat yang adil, makmur dan Sejahtera”, Terang Tokoh Muda yang akrab disapa Bang Oking.

“BMI selanjutnya Berdasarkan Peraturan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Nomor 17 Tahun 2015 termasuk dalam Komunitas Juang PDI Perjuangan. Yang diatur dalam Pasal 28 ayat (1) Setiap Komunitas Juang yang berbadan hukum dan terdaftar wajib memimiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dan Pasal 21 ayat (5) Hubungan organisasi sayap antar jenjang dari tingkat nasional, tingkat provinsi, tingkat kab/kota, kecamatan/distrik atau sebutan lain, kelurahan/desa atau sebutan lain, kampung/dusun/RW atau sebutan lain bersifat koordinatif”, Tambah Bang Oking.

Dewan Pengarah BMI Lampung Yanuar Irawan menerangkan, “Sesuai dengan edaran DPP BMI setiap pengurusan di daerah harus berkoordinasi dengan DPD, DPC, PAC, Ranting, Anak Ranting PDI Perjuangan setempat sesuai tingkatannya. Selain itu untuk Dewan Penasehat BMI beranggotakan 3 orang terdiri atas Ketua, Sekretaris dan Bendahara Dewan Pimpinan Partai sesuai tingkatannya. Karena Sayap Partai atau Komunitas juang didirikan untuk membantu Partai, tidak akan ada konflik antara keduanya. Malah saling mendukung, serta dapat mengakomodir potensi-potensi partai yang setia tapi tidak terakomodir dalam kepengurusan Dewan Pimpinan partai ditingkatannya”.

Untuk itu DPD BMI Lampung selalu berkordinasi dengan DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, DPC BMI juga akan selalu berkordinasi dengan DPC Partai, begitu juga dengan PAC dan Ranting yang nantinya akan dibentuk harus berkordinasi sesuai tingkatannya.

Ditambahkan oleh Sekretaris DPD BMI Ahmad Jares Mogni, “Untuk memudahkan kordinasi berdasarkan hasil Rapat Konsolidasi ditunjuk Kordinator Wilayah (Korwil) untuk memudahkan kordinasi dengan pemegang mandat dan pimpinan partai ditingkatannya”.

Disinggung masalah pelantikan DPD BMI Lampung menurut Bendahara DPD BMI Surya Abdul Djalil, “Akan dilaksanakan secara serentak antara DPD dan DPC. Utamanya untuk Kabupaten/Kota yang akan Pilkada”.

Saat disinggung tentang kesiapan pembentukan DPC Kabupaten/Kota Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Ideologi menjelaskan, “Sementara ini dari 15 Kabupaten/Kota se-Lampung ada 7 yang sudah mendapat mandat dari DPP BMI. Sedangkan 8 Kabupaten/Kota lainnya menyusul karena sedang dilengkapi surat pengajuannya”.

Diakhir acara Ketua DPD BMI memberikan T-Shirt (baju kaos) kepada Pengurus BMI Lampung, sedangkan PDH nya akan menyusul bila kepengurusan sudah definitif. (*)