. . .

Bisa Dilakukan di Embarkasi

image_print

Sidik Jari dan Verifikasi Data Biometriks

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA – Kabar baik, jamaah haji tahun ini dapat melakukan perekaman sidik jari dan verifikasi data biometriks langsung di embarkasi. Terobosan ini muncul ketika Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melakukan pertemuan dengan Delegasi Arab Saudi.

“Terimakasih atas kemudahan yang diberikan ini, karena sangat membantu jamaah haji Indonesia, ” kata Lukman di Jakarta, Selasa (22/5).

Lukman mengapresiasi kunjungan delegasi Saudi. Dia juga menyampaikan terimakasih atas dukungan Saudi yang membantu penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

“Saya akan kabarkan kabar baik ini kepada Pak Presiden Jokowi. Semoga pertemuan dengan Dirjen PHU-Kerajaan Arab Saudi beberapa waktu lalu itu bisa ditindaklanjuti,” sambungnya.

Sebelumnya Ketua delegasi Arab Saudi, Sulaiman Bin Abdul Azis Al Yahya menyampaikan, kedatangannya bukan hanya untuk bersilaturahim. Kedatangan delegasi Saudi juga untuk memberikan kabar baik tentang penyelenggaraan ibadah haji.

“Pengambilan sidik jari dan data biometriks jamaah haji Indonesia bisa dilakukan di embarkasi, dan akan dilakukan uji coba tahun ini,” jelas Sulaiman.

Bahkan, lanjut Sulaiman, ini merupakan hadiah kerajaan Saudi Arabia kepada bangsa Indonesia. Sebab, jamaah Indonesia dinilai merupakan tamu Allah yang ramah-ramah di Saudi Arabia.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Sri Ilham Lubis menyampaikan tahun ini jamaah haji Indonesia akan melakukan sidik jari dan verifikasi data biometriks di 13 embarkasi. Selain itu, jamaah haji Indonesia akan mendapatkan kemudahan terkait dengan tas-tas jamaah.

“Tas mereka akan diangkut langsung ke hotel jamaah. Pada semua tas jamaah, nantinya sudah tercantum nomor kamar hotel masing-masing,” tutur Sri Ilham.

“Pengambilan sidik jari dan data biometriks jamaah haji Indonesia dilakukan di 13 embarkasi. Ini akan sangat memudahkan dan mengurangi lamanya waktu antri di bandara,” pungkasnya. (rgm/JPC/JPG)