. . .

Besok, Kotak Suara Didistribusikan Ke TPS

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Besok, Selasa (26/6/2018) logistik Pilkada meliputi kotak suara didistribusikan ke sebanyak 238 TPS di Kota Metro.

Sebelumnya logistik didistribusikan pada hari Minggu dari gudang logistik di Mulyojati ke PPK, dan dari PPK ke TPS pada hari Selasa.

Dalam satu TPS nantinya ada dua bilik pencoblosan dan satu kotak suara. Sebanyak 238 TPS itu tersebar di lima kecamatan dan dua puluh dua kelurahan di Kota Metro.

“Besok didistribusikan ke TPS, sehingga malam hari logistik sudah siap di TPS,” kata Sukatno, selaku ketua KPU Kota Metro, ketika dihubungi, Senin (25/6/2018).

Sukatno mengatakan, untuk kesiapan TPS dilakukan pada hari Senin dan Selasa. “Hari ini sudah banyak yang melakukan pemasangan tenda tps dan persiapan. Tetapi mayoritas besok semua TPS menyiapkan,” kata Sukatno.

Giono anggota Panwaslu Kota Metro mengatakan, tugas pengamanan logistik ada di wilayah polri. Panwaslu juga mengawasi prosesnya dari awal sejak akhir.

“Dari awal kita awasi terus, dari pelipatan sampai pemasukan bilik suara, dari awal sudah disampaikan supaya betul-betul bebas dari air, melihat musim hujan, sudah dipenuhi dengan dpt, h – 1 diberikan, surat suara jumlah dpt ditambah 2,5 % per tps untuk mengganti jika ada surat suara yang rusak,” kata Giono.

Giono mengatakan, satu pemilih hanya boleh menukar surat suara yang rusak sebanyak satu kali. “Proses pemungutan dari jam 7 sampai jam 13, jika ada hal lain termasuk saksi belum datang bisa dilakukan penundaan selama 30 menit,” kata Giono. (suf)