Berkas Perkara Pembunuhan M. Jaya Pratama Dilimpahkan Ke Kejaksaan

0
785
views

Kotabumi – Setelah menjalani proses panjang berkas perkara Giyarso, Marsudi, dan Nurhadi akhirnya dilimpahkan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotabumi dari Polres Lampung Utara, Rabu (27/4).

Dimana Giyarso, Marsudi dan Nurhadi merupakan terduga kasus pembunuhan M Jaya Pratama (13), warga Dusun 2, Desa Sukadana Ilir, Bunga Mayang, yang berujung pada pengeruasakan dan pembakaran rumah warga beberapa waktu lalu.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Kotabumi, Indra Gunawan mengatakan, bahwa pihaknya telah menerima pelimpahan berkas ketiga terduga kasus pembunuhan tersebut,
“Benar, kami sudah menerima pelimpahan berkas dan tersangka kasus pembunuhan di Desa Sukadana Ilir,” Katanya, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Rabu (27/4).

Dijelaskan, sebelum nantinya dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) untuk disidangkan, tim jaksa yang berjumlah empat orang dan diketuai langsung dirinya, akan terlebih dahulu menguji syarat formil dan materil.
Menurut Indra, pihaknya tidak akan melebihi waktu penahanan di Kejaksaan. Namun, jika dalam penyusunan dakwaan oleh jaksa masih belum dapat tersusun dengan baik, maka pihaknya meminta perpanjangan penahanan.”Yang pasti dakwaan akan kami susun dengan baik,”terangnya.

Lebih lanjut Indra menguraikan, jika berkas ketiga tersangka dibuat terpisah. Itu dilakukan, untuk mempertegas dan memperterang masing-masing perannya, dan mempermudah proses pembuktian nantinya.
Ketika ditanya berapa besar nantinya tuntutan yang akan diberikan kepada ketiga tersangka, Indra belum mau mengandai-andai. Karena menurutnya, akan melihat dahulu fakta persidangan.

“Pasal yang akan diterapkan sesuai Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari penyidik kepolisian yakni pasal 338 KUHP, pasal 340 KUHP dan pasal 80 KUHP,”pungkasnya.
Untuk diketahui, Giyarso yang disebut-sebut sebagai otak dibalik tewasnya M Jaya Pratama (13), yang berujung pada pembakaran dan pengrusakan puluhan rumah warga Dusun 2, Desa Sukadana Ilir, Bunga Mayang Lampung Utara (Lampura), akhirnya diamankan polisi di Desa Jajar, Kecamatan Jatipuro, Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah, Sabtu (7/2) sekitar pukul 11.00 WIB.

Giyarso dibekuk berdasarkan pengembangan dari tersangka Marsudi dan Nurhadi, yang merupakan eksekutor dalam pembunuhan tersebut. Dalam pengakuan Marsudi, dirinya menghabisi nyawa M Jaya Pratama atas dasar permintaan Giyarso, dengan imbalan uang Rp 10 juta.(Qin)

LEAVE A REPLY