Berikan Pembekalan Bagi Mahasiswa Beasiswa

0
344
views

TRANSLAMPUNG.COM, KEDATON– Dalam menempa kontribusi para mahasiswa beasiswa dalam membangun kiprah nyata dikampus dan masyarakat. Universitas Bandarlampung (UBL) memberikan pembekalan bagi para mahasiswa beasiswa. Terdiri mahasiswa bidik misi, yayasan dan kerjasama berbagai stakeholder.

Untuk tahap pertama, dilakukan bagi ratusan mahasiswa beasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)dengan dua program studinya Ekonomi Manajemen (EM) dan Ekonomi Akuntansi (EA). Pembekalan terlaksana di Aula Gedung F, Kampus A Drs. H. RM. Barusman, Senin (5/6).

Pembekalan diberikan langsung Kepala Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA) , Yulfriwini dan Wakil Biro Marketing, Humas dan Kerjasama (BMHK) Bery Salatar. Turut dihadiri Sekretaris FEB Khairudin, Kaprodi Manajemen,  Iskandar Ali Alam, dan Kaprodi Akuntansi Aminah.

Bery menegaskan pembekalan ini yakni berupa pengarahan upaya dalam peningkatan prestasi akademik, non akademik dan kontribusi dimasyarakat. Khususnya dari kedua pihak biro terkait   dalam mengoptimalkan peran mahasiswa beasiswa.

“Mereka (para mahasiswa beasiswa) dikumpulkan karena kami (UBL) ingin lebih mengintensifkan peran dan tanggungjawab yang harus dilakukan. Terlebih, UBL sangat berkewajiban dalam membangun prestasi, karakter, hingga kontribusi  mereka dimasyarakat. Upaya itu, kita optimalkan mulai dari lingkup kampus dulu,”ucapnya.

Secara teknis, Bery tegaskan bentuk pembekalan yakni para mahasiswa beasiswa mengkampanyekan, menginformasikan dan mengimplementasikan segala hal prestasi UBL ke masyarakat umum. Baik sifatnya akademik, non akademik maupun sosial.

“Harapannya agar ada manfaat yang (terus menerus) bisa dirasakan publik. Sehingga masyarakat mengetahui eksistensi (prestasi) UBL terus terjaga, melalui program kerja (progja) fakultas, prodi hingga berbagai unit kerja teraplikasi baik. Sehingga begitu mereka merampungkan kewajiban di UBL (lulus kuliah), benar-benar menetaskan (alumni) para pengabdi publik unggulan,”paparnya.

Yulfriwini menambahkan, pembekalan ini bentuk penyadaran kampus akan peran, tugas pokok dan fungsi (pertupoksi) mahasiswa beasiswa. Diakuinya, sejauh ini eksistensi para penerima beasiswa dikampus dan publik sudah berlangsung baik. Namun, harus lebih ditingkatkan sesuai tantangan sosial dan perubahan jaman.

“Kita ingin dari kegiatan ini, kelihatan dampak (positif)nya. Mereka berlomba-lomba berkompetsisi secara positif. Sehingga selain ditempa, eksistensi dan hasil prestasi mahasiswa beasiswa yang didapat, dapat dilanjutkan setelahnya. Oleh kalangan masyarakat serupa yang terakomodir UBL (mahasiswa penerima beasiswa) lainnya,”ucapnya.

Bentuknya, BPKHA bersama BMHK, fakultas dan prodi UBL akan berusaha mempertahankan prestasi akademik mahasiswa beasiswa. Khusus dilingkup FEB minimal memenuhi indeksi prestasi (IP) akademik, tiap semester 3,05.

“Maupun, secara kontinu mempertahankan prestasi non akademik. Yakni aktif di BEM, UKM, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), hingga aktivitas sebagai atlet-mahasiswa yang tercantum di pengurus besar (PB) induk olahraga naungan KONI, tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun pusat. Termasuk, aktif melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Baik personal maupun tim, antar mahasiswa maupun ikut dosen,”bebernya.

Dilengkapi, Khairudin yang mengapresiasi diadakannya pembekalan ini. Baginya hal ini diperlukan untuk membentuk mahasiswa, secara pribadi maupun lingkup sosial. Manfaatnya memberikan dampak terikat para mahasiswa mengabdi sepenuh hati, bersama-sama memajukan kampus.

“Pembekalan ini jelas efektif dari penguatan materi, dan mempersingkat waktu. Tentu sesuai informasi diterima. Paparan pemateri memberikan penjelasan, tentang arti penting peran mahasiswa bagi lembaga (UBL) dan khalayak. Terutama, kalangan mahasiswa beasiswa yang diakomodir pihak kampus, dalam memperluas akses pendidikan tinggi dimasyarakat,”tukasnya. (*)