. . .

Berdayakan Warga Binaan, Kalapas Kotaagung Belajar Budidaya Udang dan Ikan di SUPM

image_print
SERIUS: Kalapas Kelas IIB Kotaagung Sohibur Rachman, Dandim 0424/Tanggamus Letkol (Arh) Anang, dan Kepala BPN/ATR Tanggamus Sudarman serius mendengarkan penjelasan Kapusdik SUPM Kotaagung Khaerudin tentang tata-cara dan pengelolaan budidaya ikan dan udang, Kamis (14/2) pagi.

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Kepala Lapas Kelas IIB Kotaagung Sohibur Rachman, Komandan Kodim 0424/Tanggamus Letkol (Arh) Anang Hasto Utomo, dan Kepala BPN/ATR Tanggamus Sudarman, berkunjung ke Sekolah Umum Perikanan Menengah Kotaagung, Kamis (14/2). Tak hanya melihat suasana sekolah, Sohibur Rachman sengaja datang untuk belajar dan mengadopsi tata cara membudidayakan ikan dan udang. Kemudian diterapkan di lingkungan lapas.

Kepala Pusat Pendidikan SUPM Kotaagung, Khaerudin, menyambut hangat kedatangan dan niat belajar pimpinan tiga instansi tersebut. SUPM Kotaagung dijadikan rujukan studi mereka, karena sekolah di bawah naungan Kementerian Kelautan dan Perikanan itu bergerak di bidang tersebut.

“Kami bukan sekedar melihat suasana (SUPM). Tapi ada misi lebih penting di balik itu. Kami ingin mengadopsi dan
belajar tata cara membudidayakan ikan dan udang serta pengelolaan yang baik dan benar. SUPM Kotaagung bergerak di bidang ini. Hasil studi ini akan saya terapkan di lapas,” ujar Kalapas Sohibur Rachman.

Dalam kunjungan itu, Sohibur tampak antusias dalam melihat, mengikuti, serta mempelajari program pembudidayaan ikan dan udang di SUPM Kotaagung. Dia mengaku, ilmu yang didapat dari SUPM Kotaagung akan “ditransfer” kepada para warga binaan.

“Ilmu dari SUPM ini akan saya berikan pada warga binaan di Lapas Kotaagung. Selama ini mereka hanya bercocok-tanam. Setelah studi ini, mereka bisa dapat tambahan kegiatan baru. Dan yang pasti kegiatan positif,” kata mantan Kepala Rutan Kota Depok itu.

Sohibur juga menyebutkan, dalam waktu dekat ini pihaknya berkoordinasi dengan SUPM tentang pembudidayaan biota laut. Terutama udang dan ikan. Pun demikian, sebelum kegiatan itu dilaksanakan, Sohibur Rachman akan tetap lebih dulu melihat potensi dan situasi di lapas.

“Saya sangat ingin ada kegiatan semacam ini di lapas. Sehingga para warga binaan dapat memiliki keahlian di bidang pembudidayaan ikan dan udang,” Sohibur berharap.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0424/Tanggamus dan Kepala BPN Tanggamus yang sudah meluangkan waktu untuk bersama sama berkunjung ke SUPM Kotaagung, sepulang dari lari pagi bersama.

“Semoga Lapas Kotaagung dapat melaksanakan program ini dan menjadikan pembinaan di lapas lebih produktif lagi,” tandas Sohibur Rachman. (ayp)

error: Content is protected !!