Belum Ada Hasil dari Pemeriksaan Inspektorat

Foto: Kasatreskrim Polres Tanggamus AKP. Devi Sujana

Kasus Dugaan Penyelewengan Anggaran Kepala Pekon Sinarmulya

TRANSLAMPUNG.COM, PRINGSEWU – Lambannya penanganan dugaan korupsi Pekon Sinarmulya hingga tidak ada kejelasan tentang hasil pemeriksaan khusus oleh inspektorat Pringsewu.

Tokoh masyarakat Pringsewu Suyudi beberkan terkait lambannya penanganan dugaan korupsi Pekon Sinarmulya baik dari pemerintah kabupaten pringsewu maupun inspektorat.minggu(05/08/2018)

“Padahal sudah jelas Korupsi adalah tindakan seseorang yang menyalahgunakan kepercayaan dalam suatu masalah atau organisasi untuk mendapatkan keuntungan. Tindakan korupsi ini terjadi karena beberapa faktor faktor yang terjadi di dalam kalangan masyarakat,” ucapnya

Lanjut Suyudi , Menurut Undang-Undang No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, yang termasuk dalam tindak pidana korupsi adalah: Setiap orang yang dikategorikan melawan hukum, melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri, menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan maupun kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.

“Ilmu politik, korupsi didefinisikan sebagai penyalahgunaan jabatan dan administrasi, ekonomi atau politik, baik yang disebabkan oleh diri sendiri maupun orang lain, yang ditujukan untuk memperoleh keuntungan pribadi, sehingga meninmbulkan kerugian bagi masyarakat umum dan Negara,” jelasnya.

“Seharusnya pemerintah daerah menindak tegas apabila terjadi kerugian negara bukan sebaliknya melindungi oknum yang sudah gerogoti uang negara,” tegasnya.

Hal ini menjadi tanda tanya awak media terkait kerugian yang dialami oleh negara,seharusnya pemerintah daerah kabupaten pringsewu tidak mengulur waktu terkait hasil TIM RIKSUS inspektorat yang berkasnya sudah dinaikkan ke meja orang no 1 diikabupaten Pringsewu.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menanggapi kasus dugaan korupsi ADD dan ADP 2017 Pekon Sinarmulya kecamatan Banyumas kabupaten Pringsewu terkait berkas hasil RIKSUS Tim ahli inspektorat yang sudah sampai dimeja Bupati Pringsewu,wakil Bupati mengatakan Fauzi, serahkan semuanya kepada aparat penegak hukum.

“Biar aparat penegak hukum yang menanganinya  baik dari kejaksaan negeri Pringsewu maupun dari kepolisian,” ucapnya.

Kasatreskrim Polres Tanggamus AKP. Devi Sujana saat dimintai keterangan sabtu (04/08/2018) sudah sejauh mana proses penyelidikan dugaan korupsi Pekon Sinarmulya dalam melaksanakan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana korupsi yang berkaitan dengan dana desa  yang dapat mengakibatkan kerugian keuangan Negara atau perekonomian Negara.

“Kami sedang menunggu hasil dari inspektorat Pringsewu,” katanya. (rez/hkw)

 

News Reporter