. . .

Baznas Lampung Serahkan Bantuan Hewan Ternak dan Modal Usaha

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR – Badan amil zakat nasional (Baznas) provinsi Lampung adakan kegiatan penyerahan bantuan hewan ternak dan modal usaha. Yang berlangsung di Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an Dua Pekon Lintik, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Sabtu (22/9).

Dalam sambutanya ketua Baznas Pesibar, Zikrulloh menyampaikan rasa terima kasih kepada Baznas provinsi Lampung yang telah menyempatkan berkunjung ke Pesibar.

“Baznas Pesibar selama umurnya mempunyai dana sebesar 50 juta rupiah dan kami laksanakan menemukan durian runtuh dari Baznas provinsi Lampung sebesar 250 juta rupiah dan sudah habis untuk kegiatan sunat massal 1000 anak-anak, “ujarnya.

Sementara itu, ketua Baznas provinsi Lampung, Mahfud Santoso mengatakan, pada tahun 2019 mendatang Baznas pusat diproyesikan akan mengucurkan bantuan sebesar 1,5 milyar.

” Baznas provinsi Lampung sendiri berkomitmen untuk terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di kalangan masyarakat. Karena filosofi kami bantuan yang kami serahkan bukan ikanya langsung, tapi kail atau pancing sehingga masyarakat bisa lebih mandiri, “ucapnya.

Masih menurut dia, sumber zakat yang digunakan merupakan zakat yang dikumpulkan oleh pengurus Baznas, yang bersumber dari pegawai negri sipil (PNS), Polri dan pihak-pihak lainya.

“Untuk itu, Baznas Pesibar harus membina masyarakat penerima agar upaya pengembanganya berhasil. Dan modal usaha jangan digunakan untuk hal yang tidak penting, “tegasnya.

Dijelaskannya, jika Baznas provinsi Lampung menyerahkan bantuan bekerjasama dengan pihak kepolisian melalui Babhinkantibmas karna data yang mereka miliki lebih kongkrit dan mengarah.

“Kepada Baznas Kabupaten Pesibar tolong uang zakatnya amanah jangan disalah gunakan karena uang itu halal dan bagus untuk menunjang kesejahteraan masyarakat, “jelasnya.

Senada dengan apa yang disampaikan ketua Banznas provinsi Lampung, Kapolsek Pesisir Tengah M. Daud saat menyampaikan sambutnya, bahwa Babhinkantibmas siap membantu menyalurkan bantuan dan mendata masyarakat di pekon yang kurang mampu.

“Apakah Babhinkantibmas siap, jawabanya Babhinkantibmas menggema serentak “kami siap, siap memfasilitasi”, “tuturnya.

Adapun penerima bantuan tersebut berjumlah 60 orang dengan rincian, 40 orang menerima bantuan hewan ternak berupa kambing dan 20 orang menerima bantuan modal usaha. Penerima Baznas tersebut berasal dari 40 pekon (Desa) dan kelurahan yang ada diempat kecamatan berbeda yakni , Kecamatan Karya Penggawa, Kecamatan Way Krui, Kecamatan Pesisir Tengah dan Kecamatan Krui Selatan.

Kegiatan penyerahan bantuan tersebut juga disertai dengan pemberian bimbingan dari Baznas Lampung kepada penerima bantuan. Tentang bagaimana cara beternak dari modal kecil dan usaha kecil sehingga besar. Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, dihadiri oleh ketua dan tim Baznas provinsi Lampung, Kapolsek Pesisir Tengah, ketua Bazna Pesibar, bagian penggalangan dana Baznas Lampung, sekretariat Kemenag provinsi Lampung, pengurus keuangan Baznas Lampung dan segenap hadirin. (r7)