Bawaslu Lampung Persiapkan Panwas Kabupaten

0
663
views

translampung.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung mulai melaksanakan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017.
Dimulainya tahapan itu dengan mempersiapkan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) lima kabupaten yang menggelar Pilkada, yakni Lampung Barat, Pringsewu, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji.

Menurut Ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah (Khoir), pihaknya sudah menerima surat keputusan (SK) dari Bawaslu RI yang direkomendasikan untuk menjadi tim seleksi (Timsel). “Timsel ini nanti akan bekerja sama dengan Timsel yang dibentuk oleh Bawaslu Lampung,” kata dia, Selasa (12/4).

Adapun yang direkomendasikan Bawaslu RI menjadi Timsel yakni Sri Budi Eko Wardani. Khoir menjelaskan, Timsel melaksanakan tugas sampai dengan terbentuknya 6 (enam besar) dari masing-masing Kabupaten. Setelah itu baru dikembalikan ke Bawaslu Provinsi untuk menentukan tiga orang yang ditunjuk menjadi Panwas Kabupaten.

Kemudian di tahun 2017 proses seleksi berbeda dengan tahun-tahun lalu sebab tahun ini Penyerahan berkas setelah 7 hari masa pendaftaran. “Kalau tahun lalu kan setelah dibuka masa pendaftaran dapat mengirimkan berkas, tapi sekarang kita menunggu 7 hari masa pendaftaran baru menyerahkan berkas,” terang dia.

Sementara itu Ketua Timsel Panwas Ari Darmastuti mengatakan, pihaknya akan melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan Bawaslu RI. “Kami akan menjaring Panwas yang berkualitas, berintegeritas, mempunyai rekam jejak yang jelas sehingga Panwas nantinya tidak dapat diinterpensi oleh pihak manapun,” kata Ari.

Akademisi Fisip Universitas Lampung ini menambahakan, pengumuman pendaftaran telah dilaksanakan pada 9 sampai 22 April 2016, dilanjutkan dengan tahapan-tahapan sampai dengan diserahkannya 6 besar ke Bawaslu Provinsi Lampung. “Harapan kami pada Mei mendatang, Timsel sudah menyerahkan nama-nama ke Bawaslu lampung,” pungkasnya (ydn)

LEAVE A REPLY