BAPPEDA Tanggamus Selaraskan Program 2019 via Konsultasi Publik RKPD

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Pemerintah Kabupaten Tanggamus terus berupaya berjalan di koridor transparansi dan open managemen guna mewujudkan good and clean governance. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satunya adalah melaksanakan Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2019 oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) setempat.

RKPD Kabupaten Tanggamus Tahun 2019 dipusatkan di Aula Hotel 21 Kecamatan Gisting dan dibuka oleh Pelaksana Harian Bupati sekaligus Sekretaris Daerah Tanggamus, Hi. Andi Wijaya. Pada kesempatan itu, Andi Wijaya menekankan kepada segenap komponen penyelenggara pemerintahan untuk menatap ke depan dan bersama-sama membangun hari esok yang lebih baik.

”Namun semua itu dengan tetap meningkatkan disiplin anggaran dan mendorong terwujudnya quality of planning (kualitas perencanaan) dan quality of spending (kualitas belanja),” ungkap Plh. bupati.

Program-program yang akan dilaksanakan tahun 2019, kata dia, diharapkan dapat memperhatikan beberapa hal-hal krusial. Pertama, di dalam penyusunan suatu kegiatan harus jelas indikator kinerjanya, baik indikator keluaran (in put) maupun indikator hasil (out put) yang akan dicapai.

“Sehingga dapat dilakukan pengukuran kinerja terhadap setiap kegiatan dalam rangka menilai tingkat keberhasilan suatu perangkat daerah, dalam proses mewujudkan visi dan misi Kabupaten Tanggamus,” ujar Andi Wijaya.

 

Kedua, rumuskan suatu kegiatan yang dipastikan mampu untuk dilaksanakan pada tahun yang bersangkutan. Dengan kata lain, perencanaan disusun dengan memperhatikan kemampuan dan sumber daya yang tersedia. Dan ketiga, tetap memperhatikan sinergi, baik di dalam perangkat daerah itu sendiri maupun antar-perangkat daerah.

 

”Dengan ketiga hal tersebut, maka kebijakan operasional Pemerintah Kabupaten Tanggamus untuk keberlanjutan pembangunan tahun 2019 dapat berjalan. Lalu bisa melanjutkan program-program pembangunan yang sudah baik dan sudah selesai. Untuk selanjutnya dimanfaatkan dan direplikasi ke berbagai wilayah,” jelas Andi Wijaya.

Pada bagian lain, Kepala BAPPEDA Tanggamus Hi. Hendra Wijaya Mega mengatakan, sasaran konsultasi publik yaitu tercapainya keselarasan dan harmonisasi perencanaan pembangunan daerah dengan perencanaan pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional. Dengan memadukan berbagai aspek aspirasi masyarakat tingkat bawah.

”Konsultasi publik ini merupakan lanjutan dari tahapan perencanaan pembangunan yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu Musrenbang Pekon/Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan yang sudah selesai dilaksanakan pada 15 Februari lalu,” tandas mantan Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tanggamus itu.

Konsultasi Publik RKPD untuk Patuhi UU No. 23/2014

MASIH seputar Konsultasi Publik RKPD Pemkab Tanggamus Tahun 2019, Plh. Bupati Andi Wijaya menegaskan, Konsultasi Publik RKPD merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan yang mengedepankan transparansi. Sebagaimana diamanatkan oleh Pasal 354 Ayat (4) UU Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah.

”Secara spesifik, lahirnya UU Nomor 23 Tahun 2014 tersebut, bertujuan untuk perencanaan yang partisipatif. Dalam artian, konsep perencanaan pembangunan merupakan produk dari kesepakatan bersama antara pemerintah dan masyarakat. Dengan demikian, pelaksanaan pembangunan diharapkan dapat menjawab segala permasalahan,” ungkap Andi Wijaya.

Diharapkan, pembangunan dapat berjalan secara efektif dan efisien dengan adanya pengukuran kinerja. Sehingga, teridentifikasi secara jelas keberhasilan atau kegagalan kerja yang dilakukan.

”Jika tidak dapat dilihat (indikator) keberhasilannya, maka kita tidak akan belajar dari kesalahan. Jika tidak mampu memahami kegagalan, maka kita tidak akan bisa memperbaikinya. Karena keberhasilan atau kegagalan dalam bekerja, akan berimplikasi pada dukungan publik terhadap pemerintah,” tegas sekda lagi.

Andi Wijaya berpesan kepada seluruh perangkat daerah, untuk memaksimalkan pencapaian kinerja pada akhir periode RPJMD Kabupaten Tanggamus dalam sisa dua tahun anggaran yang sedang dan akan dilaksanakan. (ayp)

 

 

News Reporter