. . .

Banyak Keluarga Saudi Nilai Wanita Tak Perlu KTP

image_print

TRANSLAMPUNG.COM – Pihak berwenang Arab Saudi mendorong para keluarga untuk membuatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi seluruh anggota keluarga perempuan mereka, khususnya anak perempuan.

Beberapa keluarga tidak memiliki KTP bagi anak perempuan mereka karena dinilai tidak ada hal yang penting. Makanya Pemerintah Saudi mengimbau pentingnya memberikan KTP bagi anak perempuan.

Guna memodernisasi institusi negara, wanita wajib memiliki kartu identitasnya sendiri. Juru Bicara Kantor Status Sipil Mohammad Al Jasser mengatakan, tidak ada ayah, saudara laki-laki yang memiliki hak mencegah anak perempuan memiliki KTP sejak berusia 15 tahun.

Jika mereka tidak mengizinkan, terang Al Jasser, anak perempuan bisa membuat KTP sendiri dengan pergi ke Kantor Status Sipil di tempat tinggalnya dengan didampingi anggota keluarga untuk melakukan rekam kartu identitas seperti dilansir Gulf News, Senin, (13/3).

Pihak berwenang telah berusaha keras menjelaskan mengenai pentingnya kartu identitas bagi wanita-wanita di Arab. Namun, masih ada beberapa keluarga yang menentang hal tersebut.

Beberapa di antaranya merasa keberatan karena anak-anak mereka harus difoto secara pribadi.

Ini merupakan langkah terakhir yang memungkinkan wanita di Arab mendapat KTP secara individu.

Seorang pengacara Esam Al Mulia mengatakan, kebijakan memberikan KTP baru tersebut merupakan hal yang sangat penting. Pejabat Kementerian Dalam Negeri Saudi tahun lalu mengatakan, mereka sedang mengembangkan KTP Saudi menjadi KTP elektronik.(ce1/iml/trz/JPC)