Bantuan Korban Banjir Berdatangan

0
344
views

Translampung.com-Bencana banjir yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi mengakibatkan sungai buluk meluap dan air mulai naik masuki rumah warga hal ini terjadi di Pekon Sidoharjo, Selasa (21/2).

Menurut pantauan salah satu wartawan Translampung banjir ini mulai memasuki rumah warga sekitar pukul 15.30 wib selasa sore. Beberapa RT dari Pekon Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu yang terendam air yaitu RT 07, RT 05, RT 06, RT 09, RT 11, dan RT 12.

Menurut salah satu warga Ketua RT 07 Mat Syukur mengatakan, banjir kiriman yang terjadi dari luapan sungai bulok ini sudah lama tidak terjadi.

“Dulu sudah pernah terjadi sekitar tahun 1997 tetapi tidak besar seperti ini. Harapan saya sebagai warga kepada Pemerintah, tanggulnya banyak yang sudah rusak tolong diperbaiki, karena banyak sawah-sawah yang terendam air,” ujar Mat Syukur sebagai Ketua RT 07 (21/2)

Untuk keamanan, Polsek Pringsewu Kompol Maimun Karim mengatakan, telah mengerahkan hampir hampir seluruh anggota saya tugaskan untuk bencana banjir, kalau segi ke amanan untuk sekarang aman dan harus aman kami dari Polsek,Danramil, berserta warga setempat untuk saling membantu.

Tambahnya Danramil Kavten Infantri Redi Kurniawan mengatakan, team kita , Polsek dan warga saling Gotong royong untuk membantu evakuasi warga yang terkena bencana banjir. Team kita, Polsek dan warga tetap akan berjaga penuh untuk membantu korban bencana banjir ini.

Pukesmas Sidoharjo juga telah membuka posko bencana dengan warga, untuk membantu warga yang terkena penyakit. Salah satu Perawat Pukesmas, Agung dan yatiman mengatakan, untuk sementara dalam bencana banjir kali ini banyaknya penyakit kembung, gatal-gatal, dan kepala pusing. Untuk penyakit yang lain belum ada, untuk team kesehatan siap untuk membantu bencana banjir ini.

Palang Merah Indonesia (PMI) Pringsewu dan PMI Darmajaya membantu korban bencana dengan memberikan bahan-bahan pangan seperti 4 karung beras, 4 dus mie instan, 36 dus air mineral dan anggota yang di kerahkan sebanyak 15 orang.

Untuk pemerintah camat pringsewu, Abu Husen mengatakan, “Kita sudah ada team untuk mendata warga bencana banjir, sehingga apa saja yang akan di perlukan dan kerugian apa saja insyaallah pemerintah siap membantu,” ucap Camat Pringsewu, Abu Hasan.

Dari rumah sakit mitra husada membantu satu unit mobil ambulan, gunanya apabila warga yang terkena penyakit yang parah siap di evakuasi dan rumah sakit mitra husada siap merawatnya.

Bantuan bencana banjir ini khususnya pekon sidoharjo mulai berdatangan pukul 18.00. Terutama bantuan masyarakat setempat, PMI Pringsewu, PMI Darmajaya, Mitra Husada,Pukesmas Sidoharjo, Polsek Pringsewu, Danramil Pringsewu dan Pemkab Pringsewu.(r5)