Banjir Rendam 140 Rumah di Kali Balau, Kedamaian Bandarlampung

0
326
views

BANDARLAMPUNG – Hujan deras yang mengguyur Bandarlampung, pada Rabu (20/4) sore, merendam sekitar 140 rumaah di kelurahan Kali Balau Kencana kecamatan Kedamaian Bandarlampung.

Banjir yang terjadi di RT 1 LK 1, RT 2 LK 1, RT 3 LK 1, RT 3 LK 2 dan RT 10 LK 3 tersebut, merendam rumah warga hingga 1,5 meter.

Lurah Kali Balau Kencana Kedamaian Agus mansyah mengatakan, sebanyak 52 rumah terendam air ketinggian air berfariasi paling tiggi 1,5 meter. “Sekitar 52 rumah,sekarang sedang proses evakuasi korban banjir ke mushola nurul iman,” kata Agus, Rabu (20/4) malam.

Pihaknya juga sedang berfokus menyelamatkan warga yang terjebak banjir. “Tadi satu orang bernama Novi baru pulang melahirkan secara cesar kita evakuasi dengan perahu karet. Dan sekarang dibawa ke rumah orang tua yang ada di Campang,” imbuhnya.

Proses evakuasi banjir kali ini sangat dramatis lantaran ada ibu-ibu yang habis melahirkan. Namun untuk warga lain yang terjebak semua sudah dievakuasi di mushola nurul iman

Salah satu warga Kalibalau Kencana kecamatan Kedamaian Suredi (70) mengatakan air sungai mulai naik sejak magrib. Ketinggian air diperkirakan sekitar 1,5 meter.

Dia mengaku, sudah tidak kaget lagi dengan adanya banjir. “Kalau banjir disini sudah sering, namun jika sampai tinggi ya jarang juga kalau intensitas hujan sampai dua jam lebih gak berhenti pasti air sungai akan naik,” katanya.

Dirinya dan keluarga langsung menyelamatkan barang-barang ketempat yang lebih tinggi supaya tidak terendam air. “Barang-barang sudah terselamatkan semua, dan sekarang istri ada di mushola,” tambahnya.

Jika air tidak surut sampai tengahalam kemungkinan akan tidur dimushola sebab tidak mungkin tidur dirumah yang masih terendam air. “Nanti tidurnya liat kondisi, kalau surut tidur rumah namun kalau masih belum surut tidur di mushola,” imbuhnya.

Sementaraa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandar Lampung menurunkan 40 personil disebar ke 3 titik banjir. Yakni di Kedamaian kelurahan kalibalau kencana, jalan lembang kedaton gang PU dan di Way Lunik kecamatan Panjang.

Kabid Kesiap Siagaan BPBD Kota Bandar Lampung Wisnu mengatakan pihaknya langsung menyebar personil untuk penyelamatan pertama. “Kami langsung sebar personil dna membawa perahu karet. Lebih banyak dikecamatan kedamaian karena banyak rumah yang terendam dan ketinggian air sampai 1,5 meter,” kata Wisnu.

Warga dievakuasi kelokasi yang lebih aman, bahkan proses evakuasi menggunakan perahu karet. “Tadi ada satu warga yang baru saja melahirkan secara cesar dan butuh evakuasi, sehingga bersama-sama menggotong kemushola. Beruntung bisa diselamatkan dengan cepat dari banjir baik ibu dan bayinya,” tambahnya.

Sedangkan untuk di way lunik ketinggian banjir sekitar 70 cm, pihaknya juga menurunkan personil untuk berjaga disana. “Tadi diway lunik hampir ada yang hanyut namun kami berhasil menyelamatkannya,” katanya. (Jef)

LEAVE A REPLY