. . .

Bangunan Rumah Tinggi Khas Lampung dan Sumur Depan Teras Berdampak Positif

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – Keberadaan bangunan sumur di halaman teras rumah khas lampung kala itu, bukan salah penepatannya. Akan tetapi, bangunan tersebut memiliki arti edukasi yang mendalam dari leluhur terdahulu.

Jaman itu, pemukiman pribumi lampung selain di kelilingi hutan belantara, juga terdapat ancaman dari binatang buas lainnya yang mendominasi disekitaran pemukiman.

Sepenggal ulasan nasihat yang disampaikan Almarhum Abubakar Gelar Raden Pesamas, suku tepuk leban Tiyuh (Desa) Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). Kepada Ansori (52) Warga Tiyuh Menggala Mas Gelar Dalem Asli dari pepadun Stan Ngemom Marga Suku Mersow Menggala Mas.

Makna bangunan rumah kayu tinggi dan sumur di depan teras rumah memiliki maksud dan tujuan, tiadalain untuk menjaga dan menghindari musibah. Tentunya dari ancaman mahluk liar.

” Bangunan Rumah kayu tinggi selain dapat menghindari dan melindungi keluarga dari ancaman hewan liar, namun juga mampu memberikan kesehatan kepada penghuninya dari lembab nya suhu tanah juga udara dingin.” Kata Ansori sembari mengingat pesan Abubakar dalam perbincangan hangat kepada Tranalampung.com pada (17/11) pukul 10:00 WIB.

Selain itu, dia juga menjelaskan mengapa dan kenapa bangunan sumur masayakat lampung dulu kala di tepatkan pada teras dan samping depan rumah.

” Tujuannya, agar semua keluarga yang melakukan aktifitas di sumur, mencuci dan mandi itu mudah untuk di pantau dari atas teras rumah. Maklum, dulu itu sangatlah keras keadannya tidak seperti jaman sekarang.” Imbuhnya (Dirman)