Bandarlampung Jadi Contoh Kabupaten dan Kota Lain

0
49
views
CINDERAMATA: Walikota Bandarlampung, Herman HN Memberikan cinderamata kepada Ketua Komisi D DPRD Lamongan, Ali Mahfud saat study banding ke kota Tapis Berseri.

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Wajah Kota Bandarlampung yang kini berubah menjadi Kota Metropolitan membuat pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia banyak mencontoh keberhasilan Bandarlampung. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pemerintah dan DPRD di Indonesia melakukan study banding di Bandarlampung.

Salah satunya adalah DPRD Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur yang melakukan study banding tentang ketenagakerjaan dan pariwisata yang ada di Bandarlampung.

Ketua Komisi D DPRD Lamongan, Ali Mahfud mengatakan, dirinya beserta anggota komisi lainnya melakukan study banding ke Bandarlampung, guna mengetahui sejauh mana Pemkot Bandarlampung melakukan upaya mengurangi pengangguran.

Selain mengenai ketenagakerjaan, pihaknya juga ingin mengetahui sejauh mana pengelolaan Pemkot Bandarlampung terhadap pariwisata. “Kita akan lihat pariwisata di Bandarlampung, nantinya kalau memang refresentatif akan kita dorong juga di Lamongan, apalagi disini (Bandarlampung) banyak wisata kulinernya,” kata Ali, saat ditemui usai pertemuan dengan Walikota Bandarlampung, di ruang rapat Walikota, Selasa (11/7).

Dia mengungkapkan, banyak hal yang bisa menjadi contoh untuk diterapkan di Lamongan, seperti sekolah gratis, kesehatan gratis bahkan strategi pemerintah dalam pencapaian PAD.

Sementara, Walikota Bandarlampung, Herman HN mengaku senang banyak daerah yang melakukan study banding ke Bandarlampung. “Ini salah satu bentuk keberhasilan pembangunan kita, banyak yang mau nyontoh dan nerapin di daerahnya,” ujar dia.

“Kalau untuk tenaga kerja, kita banyak membuka investor untuk berinvestasi di Bandarlampung, jika sudah banyak yang ngebangun, pasti banyak menyerap tenaga kerja dari bandarlampung,” kata dia.

Sedangkan disektor pariwisata, di Bandarlampung ini sudah mulai banyak bermunculan tempat wisata baru, salah satunya wisata kuliner yang makin marak di Bandarlampung. (jef)