Bambang Kurniawan: Wujudkan Aspirasi Rakyat!

0
643
views
GISTING – Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan menekankan seluruh SKPD di lingkup pemkab setempat untuk memenuhi aspirasi masyarakat. Jika ditelaah dengan seksama, aspirasi rakyat itu sebenarnya sederhana. Maka demi kemajuan Tanggamus,‎ aspirasi yang sederhana dari bawah itu harus disusun dengan rapi dan sistematis sedari perencanaan awal.

Hal itu disampaikan Bambang Kurniawan‎ saat membuka Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Pra Musrenbang) 2016, di Aula Hotel 21 Gisting, tadi (10/3) siang.

Kegiatan untuk menggeber perencanaan pembangunan semua sektor itu, diikuti seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan camat. Selain bupati, hadir juga Wabup Tanggamus Hi. Samsul Hadi, dan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Hendra Wijaya Mega.

Panitia Pra Musrenbang sekaligus Sekretaris Bappeda Tanggamus Suaidi dalam laporannya menyebutkan, Pra Musrenbang bertujuan menyelaraskan program dan kegiatan, sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD. Program tersebut harus berdasarkan usulan rencana kerja (renja) SKPD.

Acuannya, lanjut Suaidi, adalah target dan capaian RPJMD Kabupaten Tanggamus tahun 2013-2018, penajaman indikator dan target kinerja dari program dan kegiatan, sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD. Lalu penyesuaian pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing SKPD.

“Kegunaan Pra Musrenbang tahun 2016 ini sebagai acuan dalam penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Tanggamus tahun 2017 yang akan dibahas lebih lanjut dalam Musrenbangkab 16 Maret 2016 mendatang. Sedangkan sasaran kegiatan yaitu tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan berbagai aspirasi masyarakat,” katanya.

Bambang Kurniawan dalam arahannya meminta setiap SKPD memiliki program unggulan. Kemudian melaksanakannya sehingga berimplikasi untuk masyarakat. Lalu program itu harus eksis, sehingga pada suatu titik, program itu mencapai hasil yang memuaskan.

“Dalam pramusrenbang, semua program harus terencana matang sebelum APBD tahun berikutnya, sehingga nanti langsung masuk RKPDD. Dan sebenarnya pemikiran masyarakat itu sederhana, maka ikuti saja keinginan yang sederhana itu Seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pelayanan publik, kenyamanan, dan kembangkan profesi mereka. Itu yg dibutuhkan masyarakat dan pemerintah cukupi pastinya masyarakat tidak akan menuntut macam-macam lagi,” tandas bupati. (ayp)