. . .

Bakamla RI bersama STIP Jakarta, Latih Masyarakat Pesisir Natuna

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, NATUNA – Bakamla RI dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta resmi membuka pendidikan dan latihan pemberdayaan masyarakat pesisir, di Desa Maritim Cemaga, Kab. Natuna, Kepri, Selasa (28/8/18).

Hal ini merupakan bentuk tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama antara Bakamla RI dengan Pemerintah Kabupaten Natuna tentang pembentukan dan pemberdayaan Desa Maritim. Tidak hanya itu, penandatanganan kerja sama tersebut dijadikan pula sebagai momentum diresmikannya Desa Cemaga sebagai Desa Maritim di wilayah Kabupaten Natuna.

Menurut Bupati Kabupaten Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si., dalam sambutannya, menyebutkan bahwa kondisi lautan di Perairan Natuna, sering kali mencapai tingkat membahayakan. Hal ini terjadi baik di musim utara atau musim selatan, dengan kondisi angin kencang dan gelombang yang tinggi.

Lebih lanjut, Bupati Kab. Natuna juga berharap dengan adanya pengetahuan tentang prosedur dan sarana keselamatan laut yang diajarkan oleh STIP Jakarta kepada para peserta diklat, dapat mencegah kemalangan selama beraktivitas di laut.

Oleh karena itu kegiatan pendidikan dan latihan pemberdayaan masyarakat angkatan ke-9 yang di laksanakan oleh STIP Jakarta, bekerja sama dengan Bakamla RI merupakan bagian dari kepedulian lembaga dan instansi maritim untuk memperhatikan masyarakat pesisir dalam keselamatan di laut.

Peserta pelatihan yang mencapai 107 orang, terdiri dari masyarakat maritim Desa Cemaga. Sebelumnya para peserta mengikuti tes kesehatan dan dinyatakan lulus oleh tim medis STIP Jakarta.

Dalam sambutan Ketua STIP Jakarta yang di wakili oleh Ketua Pelaksana Pande Siregar M.M., melalui kegiatan pelatihan ini, diharapkan dapat bermanfaat dan menghasilkan pelaut yang unggul.

Diklat resmi di laksanakan saat Pande Siregar, M.M., menyematkan kartu tanda peserta dan buku panduan secara simbolis.

Penyematan ini juga disaksikan oleh Kepala P3M Abdul Rachman, M.M., Asisten III Admin Umum Pemkab Natuna Drs. H. Izwar Asfawi, Kades Cemaga Tengah Zaidan, Kades Cemaga Selatan Idris. Dari jajaran Bakamla RI, kegiatan ini disaksikan oleh Kasi Kerja Sama Non Pemerintah Ariana Listyawati Spd., Staf Kerja Sama Non Pemerintah Windi Eka Arisanti, Staf Seksi Kerja sama lembaga pemerintah Ryan Ardian Andi S.Kom, dan Staf SPKKL Natuna Kopral Kepala Komunikasi Agung Turyantoro. (rls)

error: Content is protected !!