Bakal Dilanjutkan, Pemprov Diberi PR Sarana Pendukung

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Pembangunan Pelabuhan Sebalang, Tarahan Lampung Selatan Bakal dilanjutkan.

Diketahui sebelumnya pembangunan ini dimorayorium oleh Presiden Joko Widodo sampai 2016. Ada beberapa dukungan yang dilakukan oleh Pemprov Lampung yakni dengan dukungan pekerjaan akses jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Lampung Lampung Qodratul Ikhwan mengatakan, pembangunan ini sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) tahun 2017. Namun demikian dia belum mengetahui besaran total.

“Saat ini masih kita proses laporannya, sudah dianggarkan kok,” jelasnya.

Dijelaskan dia, pembangunan pelabuhan sebalang saat ini, dibutuhkan akses jalan menuju dan dari pelabuhan. Di mana saat ini, akses jalan sudah ada. Namun, demikian, ada lahan yang masih berstatus milik warga.

”Kita sedang inventarisir sebab ada beberapa lokasi yang dianggap jalan milik warga,” kata dia.

Lantas bagaimana dukungan anggaran dari APBD? di amnegatakan paling tidak hal ini tidak dilakukan dengan Dinas Perhubungan secara mandiri, akan tetapi juga dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

”Ya bergantung dengan anggaran yang kita punya. Juga teknisnya belum ada bagaimana penggunaan anggaran dari pusatnya kemana saja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjuang Bandarlampung Gunung Hutapea mengatakan, Kementerian Perhubungan akan mengkaji terlebh dahlu laporan yang dikirimkan oleh Pemprov Lampung.

Menunggu seperti apa progresnya. Ya kita mendukungh saja, sebab untuk kapasitas kapal besar di Pelindo kan masih kurang memadai. ya mudah-mudahan di tahun depan sudah bisa dilaksanakan,” jelasnya.

Kabag Pemanfaatan Aset Badan Pengelolaan Aset Daerah Provinsi Lampung, Saprul Al-Hadi mengatakan,  Pmprov Lampung sudah menghibahkan aset lahan seluas 2 hektar yang diperuntukkan untuk dukungan akses jalan ini.

”Di akses masuk sampai menuju pelabuhan. yang saya tahu itu sudah dihibahkan ada sekitar 2 ha Tidak masalah kok,” kata dia (abd/

 

 

 

News Reporter