. . .

Bahu Jalinbar Gisting Bawah Longsor, Hati-hati Melintas!

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Para pengendara yang melewati Jalan Lintas Barat, tepatnya di Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Tanggamus, diimbau untuk waspada. Sebab salah satu bahu jalan yang kondisinya bertebing, mengalami longsor. Erosi sendiri terjadi Senin (19/2) sore, akibat guyuran hujan deras.

Sampai Selasa (20/2) sore, titik longsor tersebut masih belum diperbaiki. Namun sebagai tanda agar pengguna jalan lebih waspada, pihak terkait telah memasang police line di tepi ruas jalan yang bawahnya telah longsor.

Kepala Pekon Gisting Bawah Sapari mengatakan, Senin sore saat longsor terjadi, arus lalu lintas di Jalinbar yang dikenal dengan Tikungan Sempulur, sempat tersendat.

”Senin kemarin kan hujan deras di wilayah Kecamatan Gisting. Akibatnya terjadi longsor pada bahu Jalinbar di Pekon Gisting Bawah. Tepatnya disebut sebagai Tikungan Sempulur, karena pas di sisi tikungan ada sebuah bengkel bernama Sempulur,” ujar kakon, Selasa (20/2) siang.

Akibat longsor, Sapari melanjutkan, arus kendaraan yang melaju dari arah Kotaagung menuju Bandarlampung maupun sebaliknya sempat tersendat pada Senin sore sesaat setelah bahu jalan ambrol.

”Ditambah lagi air deras mengalir memotong ruas jalan, karena lubang gorong-gorong yang tertimbun material longsoran. Tetapi kalau hari ini (kemarin, Red), situasi sudah jauh lebih normal. Meskipun bagian yang longsor belum diperbaiki, namun arus lalu lintas sudah tidak tersendat. Hanya pengendara harus berjalan merayap,” ungkap Sapari seraya menyebutkan longsor terjadi akibat kondisi bahu jalan yang bertebing.

Kepala Pekon Gisting Bawah itu berharap Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tanggamus untuk segera mengambil langkah. Karena jika dibiarkan, akan sangat mengancam keselamatan pengguna jalan. Terlebih longsor terjadi tepat di bahu Jalan Lintas Barat yang padat arus lalu lintasnya. (ayp)