Bahaya Obat Penenang Dosis Tinggi Pada Bayi

0
371
views

Obat penenang Clonazepam yang digunakan ER (17) dan S (18) kepada Bon-Bon bayi berusia enam bulan ternyata sangat berbahaya. Bahkan, bila digunakan dengan dosis sembarangan bisa berakibat fatal bagi anak.

Kasandra Putranto, Psikolog Klinis dari Asosiasi Psikologi Forensik mengatakan, obat itu bisa menurunkan fungsi syaraf dan gerakan anak. “Obat itu dosis tinggi tidak bisa digunakan sembarangan,” ujarnya saat berada di Polres Jakarta Selatan, Jumat (25/3).

Bahkan, obat itu harusnya tidak ada dijual di apotik. “Dokter umum sekali pun tidak bisa mengeluarkan, harus ada resep dokter,” ujar dia lagi.

Sehingga diduga, yang membeli obat itu memang memerlukan dan memakai, tapi disalahgunakan.

Kasandra menjelaskan, dampak dari obat itu ialah ke lambung. Karena lambung bayi sangatlah lemah. “Kemudian syarafnya jadi lamban, bayi jadi lemas. Kalau orang biasa saja menjadi letoy,” beber dia.

Dia berharap, polisi bisa mengusut tuntas kasus ini. Dikarenakan jaringan yang tidak memperhatikan keselamatan anak. “Harga obat itu sangat mahal, pasti ada sindikatnya,” tambahnya.

Diketahui, kedua pelaku yang baru ditetapkan tersangka karena terbukti mengeksploitasi anak di bawah umur. Parahnya lagi, bayi yang berusia enam bulan itu diberi obat penenang agar tidak rewel saat dipekerjakan.  (elf/JPG)

LEAVE A REPLY