. . .

Bahas Program Strategis, Wabup Loekman Buka Rakerda PPNI

image_print

Dedi Afrizal: Pemerintah Harus Sinergi dengan Perawat

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARJAYA – DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Lampung Tengah menggelar rapat kerja daerah di Hotel Spark Bandarjaya, Selasa (28/8). Kegiatan itu dibuka langsung Wakil Bupati Lampung Tengah (Wabup Lamteng) Loekman Djoyosoemarto.

Rapat kerja daerah (Rakerda) dan seminar PPNI Lamteng bertujuan untuk  membahas pelaksanaan program-program pelayanan kesehatan terhadap masyarakat secara maksimal demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Lamteng.

Ketua PPNI Provinsi Lampung Dedi Afrizal mengatakan, melalui peningkatan kompetensi perawat melalui organisasi profesi diharapkan pelayanan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Termasuk hari ini bicara tentang kemandirian dan kesejahteraan. Permasalahan dan kendala kesehatan dan perawat kita sampaikan kepada Wakil Bupati Lampung Tengah. Pemerintah harus bersinergi dengan perawat. Seperti diketahui perawat berada hingga di daerah terpencil pedesaan,” kata Dedi.

Di sisi lain, Ketua PPNI Lampung Tengah Ali Subagiyo memberikan bocoran mengenai beberapa isu yang diangkat pada rakerda PPNI, salah satunya realisasi pembangunan kantor sekretariat PPNI Lampung Tengah dan pemantapan pengelolaan Organisasi Keperawatan serta kewirausahaan perawat.

“Selain rakerda, dilaksanakan  seminar.  Dengan harapan merubah mindset perawat yang tidak selalu harus menjadi PNS tapi harapannya bisa mandiri. Misalkan bisa berwirausaha seperti contoh membuka baby spa dan kegiatan yang memanfaatkan teknologi kesehatan lainnya,” terang Ali Subagiyo.

Sementara Wabup Loekman Djoyosoemarto mengatakan, bahwa melalui pelaksanaan Rakerda PPNI Lamteng perawat mampu mengintropeksi diri apa yang telah dikerjakan. Disamping itu,  permasalahan-permasalahan mengenai perawat harus bisa dicarikan solusi.

“Semua pengurus dan anggota PPNI Lamteng agar belerjalan sesuai SOP dan aturan dan undang undang yang berlaku. Saya sangat mendukung semua kegiatan yang dilakukan PPNI,” kata Loekman Djoyosoemarto.

Loekman berharap adanya dukungan dari semua pihak, khususnya para perawat, karena perawat merupakan individu yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Sehingga dapat tercapai program pemerintah dengan tepat.

“Mudah-mudahan melalui Rakerda ini kita semua dapat menyelesaikan dan menyelaraskan seluruh program-program,  baik program dari pemerintah pusat, wilayah maupun kabupaten,” ujarnya.

Hadir pada kegiatan itu, staf ahli Bupati Lamteng Sofyan, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Syukur Kersana, Plt. Kasat Pol PP Rosidi, Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. Lindawaty, Direktur RSUD Demang Sepulau Raya dr. Otniel Sriwidiatmoko, Ketua PKK Hj.Lusiana Loekman, Ketua Dharma Wanita Hj. Rusdiana Adi Erlansyah. Kegiatan rakerda dan seminar PPNI Lamteng dihadiri pengurus dan anggota PPNI sekitar 1.300 orang. (jar/tnn/hkw)