Bachtiar: Tingkatkan maturitas SPIP

0
216
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung targetkan peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pengawas (SPIP) menjadi Level 3. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri dalam acara internalisasi SPIP pada Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Provinsi Lampung dalam rangka meningkatkan maturitas SPIP di Aula BPKP Perwakilan Provinsi Lampung, Selasa (28/02).

Dalam kesempatan ini, Wakil Gubernur menyampaikan bahwa berdasarkan penilaian BPKP terkait SPIP, saat ini Pemprov Lampung masih berada di level 1 dengan skor 1,3. Untuk itu, SPIP harus ditingkatkan kematangannya (maturitas) secara menyeluruh dan terintegrasi dengan kegiatan operasional Pemprov Lampung. Sehingga dapat memenuhi tujuan SPIP yaitu memberikan keyakinan atas tercapainya tujuan organisasi yang efektif dan efisien, keandalan laporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Lebih lanjut, Wakil Gubernur Lampung menambahkan peningkatan ini untuk menyesuaikan tingkat maturitas SPIP yang telah diamanahkan dalam RPJMN 2015-2019 .Yakni minimal 85% dari Pemerintah Daerah seluruh Indonesia telah mencapai maturitas level 3 dari level 5 yang ada.

“Untuk itu, diharapkan semua pihak mampu bekerjasama untuk meningkatkan leveling SPIP, agar di tahun 2017 ini maturitas SPIP mampu menjadi Level 3,” ujarnya.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung Sally Salamah menambahkan bahwa berdasarkan penilaian dari unsur lingkungan pengendalian, unsur penilaian resiko, unsur kegiatan pengendalian, unsur informasi dan komunikasi serta unsur pemantauan. Sehingga maturitas SPIP di Provinsi Lampung telah memiliki dasar yang cukup untuk naik level, dari level 1 menjadi level 3. Lebih lanjut, Sally menjelaskan untuk meningkatkan leveling SPIP Pemerintah Provinsi Lampung maka BPKP Provinsi Lampung akan bekerjasama dengan Inspektorat dan pemerintah Provinsi Lampung.

Diinformasikan Kepala Biro Humas dan Protokol Bayana, dalam acara ini dihadiri oleh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator Pemerintah Provinsi Lampung.(*)