. . .

Azhari Hadiri Acara Pengukuhan dan Pembekalan Relawan Demokrasi Pemilu

image_print

TRANSLAMPUNG. COM, PESIBAR – Staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik, Azhari mewakili bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal menghadiri acara pengukuhan dan pembekalan relawan demokrasi untuk pemilu tahun 2018 mendatang, di GSG Selalaw Labuhan Jukung, Jum’at (25/1).

Dalam sambutannya, Azhari mengungkapkan bahwasannya menjadi relawan demokrasi (Relasi) merupakan sebuah tantangan dalam rangka melaksanakan sosialisasi dan pendidikan terhadap para pemilih pada pelaksanaan Pemilu mendatang.

“Hal ini semakin berat karena semakin kompleknya penyelenggaraan Pemilu dimana para pemilih akan dihadapkan dengan 5 (lima) jenis surat suara yang berbeda-beda ditempat pemungutan suara (TPS) nantinya, “ujar Azhari.

Masih menurut dia, melalui para Relasi yang telah dibentuk oleh komisi pemilihan umum (KPU) Pesibar sebagaimana dimaksud agar mampu menumbuhkan kembali kesadaran yang positif bagi pemilih terhadap pentingnya Pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Para Relasi bertugas untuk menggerakkan seluruh masyarakat yang telah terdaftar sebagai pemilih tetap untuk Pemilu mendatang, agar para pemilih dapat menggerakkan hak pilihnya dengan bijaksana dan bertanggung jawab, “imbuhnya.

Azhari juga berharap, kepada pemateri bimbingan teknis (Bimtek) baik dari KPU, Bawaslu serta jajaran kepolisian dan pemerintah daerah agar dapat menyampaikan materi secara praktis dan mudah dimengerti sehingga dapat menjadi bekal para Relasi nantinya.

“Saya juga berpesan kepada para Relasi agar dalam melaksanakan tugasnya wajib mematuhi kode etik yang telah ditetapakan seperti, wajib besikap netral, bertindak santun, menghormati adat budaya setempat, tidak bertindak diskriminatif dan tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun oleh peserta Pemilu, “pungkasnya.

Acara tersebut turu juga dihadiri oleh ketua KPU Pesibar, Yurlisman, KPU provinsi Lampung, Handi Muliya, Kapolsek pesisir tengah, Kompol M Daud dan segenap peserta Relasi. (r7)

error: Content is protected !!