. . .

AWPI Metro Rayakan HUT ke 1 Tahun

image_print
TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Kantor Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) diresmikan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) AWPI yang ke-1. Dalam kegiatan ini Walikota Metro yang diwakili oleh Assisten I meresmikan gedung AWPI yang berlokasi di Jalan Kedondong No.32 Kel. Yosomulyo Kec. Metro Pusat, Selasa (18/09/18).
Asisten I Kota Metro, Ridwan, menyampaikan apresiasinya dan menyambut baik atas terselenggaranya  kegiatan AWPI dengan harapan momentum hari ini dapat terus meningkatkan peran dan kiprah kita semua dalam rangka mewujudkan masyarakat madanih dan intelektul dalam mendukung visi Kota Metro sebagai Kota pendidikan dan wisata keluarga yang berbasis ekonomi kerakyatan yang berlandaskan pembangunan partisipasi.
Menurut Ridwan, adalah satu perwujudan kemerdekaan negara republik Indonesia dengan dan tulisan sebagaimana diamanatkan pasal 28 UUD 1945 oleh sebab itu kemerdekaan pers harus dihormati  oleh semua pihak , piagam perserikatan bangsa-bangsa dan hak asasi manusia yang tertuang  dalam pasal pada pasal 19.
“Setiap orang berhak atas kebebasan mempunyai dan mengeluarkan pendapat, dalam hal ini termasuk kebebasan mempunyai pendapat – pendapat dengan tidak mendapat gangguan dan untuk mencari, menerima, dan menyampaikan keterangan – keterangan dan pendapat – pendapat dengan cara apapun juga dan tidak memandang batas – batas,”  jelasnya.
Lanjutnya, pers menghormati setiap asasi orang karena itu dituntut pers yang profesional dan terbuka dan di control oleh masyarakat dan kode etik jurnalistik, kemerdekaan pers merupakan salah satu wujud sebagai unsur yang  sangat penting sebagai wahana untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
“Kami berharap para wartawan mampu menjadikan profesi jurnalistik sebagai profesi yang mulia dan memiliki nilai penting dalam proses pembangunan, karena profesionalitas ini menjadi hal yang sangat penting sebagai wartawan akan dihargai bukan karena setatusnya namun lebih kepada profesionalismenya yang dimiliki rekan-rekan jurnalis khususnya  di Kota Metro yang menjadi mitra kerja Pemerintah Kota Metro,” katanya.
Sementara itu, Sekertaris DPD AWPI Provinsi Lampung, Nurullah mengucapkan selamat kepada AWPI Kota Metro untuk usia pertamanya dimana AWPI  adalah wadah organisasi bagi wartawan diluar perusahaan pers  dan menghimpun wartawan sebagai suatu profesi.
“Keberadaan AWPI bukan sekedar mewadahi profesi wartawan, karena AWPI tunduk pada dua atruran, yakni UUD 1945 dan UU No.40 tahun 1999  yang  mempunyai tanggung jawab sebagai social control serta membina public opinion,”tutupnya.
Ketua AWPI Kota Metro Verry Sudarto mengucapkan terimakasih atas kerjasama dari semua Pihak, sehingga peringatan HUT AWPI ke- 1 tahun berlangsung meriah.
“Semoga kedepannya AWPI Kota Metro bisa lebih berkontribusi untuk ikut membangun Kota Metro, jaya AWPI,” tuntasnya. (suf)