Atlet Porwanas PWI Lampung Try-in ke Metro. Target Pertahankan Lima Besar

0
339
views

translampung.com – Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) yang akan dilaksanakan Juli 2016 di Bandung, merupakan target mempertahankan posisi lima besar kontingen PWI Lampung dalam even olahraga jurnalis tiga tahunan itu.

Maka dari itu, Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Lampung mulai mengadakan berbagai persiapan para atletnya. Sebelumnya sudah membentuk tim di beberapa cabang yang diikutinya, dan kini sedang mencoba kemampuan baik secara individu maupun tim, dalam ujicoba di dalam wilayah sendiri, try-in di Kota Metro.

Menurut Rusidi, ini sebagai salah satu cara untuk pemantapan tim maupun pasangan. “Kami hanya mencoba 4 cabang olahraga yakni Tnis Lapangan. Futsal, Bulutangkis dan Bridge, meskipun rencananya akan mengikuti 7 cabang. Sementara cabang lain akan segera pelatda, seperti Biliar dan Tenis Meja,” kata Rusidi di GOR Jurai Siwo Metro, Jumat, 15 April 2016.

Dari empat cabang yang dicoba, secara evaluasi umum didapatkan kesimpulan bahwa masing-masing cabang harus melakukan pelatda lebih keras, meskipun hasil try-in ini dinilai tidak mengecewakan.

Di cabang bulutangkis misalnya, tiga pasangan yang akan dikirim yakni untuk wakil usia 27-35, usia 35-50 dan usia 50 keatas, menunjukkan kekuatan yang mulai padu, meskipun ada bongkar pasang personil. ”Cabang bulutangkis hanya mempertandingkan 4 nomor ganda saja kali ini. Jadi semua turun dalam kategori perorangan. Maka kami hanya menurunkan 6 pemain dalam tiga kelas itu. Mudah-mudahan salah satu bias ambil medali,” ujar Hendri Meizon, coordinator cabang Bulutangkis.

Sementara pasangan yang baru dipasangkan juga baru melakukan penyesuaian satu dengan yang lain. Karena lawannya kali ini juga beberapa pemain yang punya kemampuan sepadan, yakni dari para pemain veteran dan muda di Metro, maka hasilnya sangat bervariasi.

“Kami tidak menilai dari hasil pertandingan saat ini, karena masih melihat sejauh mana teman-teman yang berpasangan ini padu atau belum,” tambah Hendri.

Sementara di cabang Futsal, juga memperoleh hikmah dari try-in ini. Menurut penanggungjawab Futsal Kotingen Lampung, Herman Afrigal, dari ujicoba kali ini sudah mendapatkan gambaran untuk susunan pemain inti dari dua tim yang rencananya akan dikirim, yakni kelompok U 40 kebawah dan U 40 keatas.

“Dari hasil pengamatan selama pertandingan ujicoba di Metro, kami sudah memiliki catatan penting pemain untuk dua kelompok usia. Artinya nanti setelah ini tinggal mematangkan bagaimana membentuk tim yang lebih solid. Kami dua kali Porwanas berstatus pemilik medali perunggu, jadi target di Bandung harus ditingkatkan,” ujar Herman.

Dari lapangan tenis, tiga pasang yang akan diturunkan di Porwanas kelak tidak semuanya hadir, sehingga dengan pemain pengganti. Menurut Edi Sunarso, koordinator cabang Tenis Lapangan, ujicoba kali ini sekedar untuk penyegaran. Dan masih harus banyak dipoles lagi, terutama karena beberapa pemain tidak bias hadir.

“Tenis masih perlu banyak latihan. Selain hari ini kita memang ketemu pemain-pemain hebatnya Metro, memang kita harus segera melakukan evaluasi juga untuk teman-teman. Cabang ini di Porwanas sangat merata kekuatannya, maka kita harus siap segala hal,” ujar Edi.

Satu cabang lain yang juga turut ujicoba adalah Bridge. Hasil yang cukup baik diraih tim bridge kali ini, namun hal ini bukan tolok ukur bahwa tim ini sudah mapan.

Direncanakan akan dilakukan lagi try-in ke Kabupaten Lampung Selatan yang dijadwalkan Sabtu pekan depan. Namun menurut Herman Afrigal, prosesnya masih berjalan dan menunggu kepastian dari Pemkab Lampung Selatan. (rls.jefri)

 

LEAVE A REPLY