Warning: mysqli_real_connect(): Headers and client library minor version mismatch. Headers:50559 Library:100131 in /var/www/vhosts/translampung.com/public_html/wp-includes/wp-db.php on line 1531 Asuransi Pertanian Jadi Solusi Ancaman Cuaca Ekstrem -
Asuransi Pertanian Jadi Solusi Ancaman Cuaca Ekstrem

TRANSLAMPUNG.COM, PRINGSEWU-Sektor pertanian dianggap paling terdampak cuaca ekstrim yang memicu hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia di awal tahun ini.

Kerusakan tanaman pertanian hingga ancaman puso melanda areal persawahan yang terendam banjir. Petani pun diminta waspada akan kemungkinan terjadinya anomali cuaca di tahun ini.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Pringsewu Maryanto mengatakan, perlindungan terhadap kegiatan usaha tani menjadi penting sebagai upaya menanggulangi kerugian akibat bencana banjir, kemarau, ataupun perusakan tanaman oleh hama.

Asuransi pertanian, kata Maryanto, adalah cara bagi petani untuk bisa mendapat jaminan atas kemungkinan resiko yang dihadapi petani. Sebelum tanam, lanjutnya, proses pendaftaran bisa diupayakan melalui penyuluh, UPTD, dan atau melaui kelompok tani masing-masing.

“Petani cukup menyisihkan 10 kilogram gabah untuk bisa ikut asuransi. Bisa juga dengan uang senilai Rp36 ribu setiap hektarenya,” kata Maryanto, mendampingi Kepala Dinas Pertanian Pringsewu Iskandar Muda, Kamis (2/3).

Ia menambahkan, perlindungan yang diperoleh dengan keikutsertaan petani dalam program asuransi pertanian, mendapatkan ganti rugi senilai Rp6 juta rupiah dalam satu hektarenya.

Sementara, pemetaan daerah rawan bencana oleh Dinas Pertanian meliputi Kecamatan Pardasuka, Ambarawa, dan Gadingrejo.

“Saat musim hujan, sumber air ancaman dari Way Padangratu, Pesawaran, sumber dari Rantaukijang, Selapan, dan daerah irigasi Way Ngison,” pungkasnya.(r5)

News Reporter