Asrama Haji Diguyur Rp52 Miliar

0
245
views

Kemenag Klaim Fasilitas Setara Hotel Bintang Tiga

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-Kanwil Kemenag Lampung mengaku di tahun 2018 mendatang, Pemerintah Pusat akan memberikan dukungan anggaran ke Asrama Haji Rajabasa, Bandarlampung.

Kakanwil Kemenag Lampung Suhaili mengatakan, hal tersebut sudah masuk dalam perencanaan di Badan Pernencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Di mana, dukungan anggaran yang dikucurkan hampir Rp53 miliar.

“Rp52 sekian miliar anggarannya. Nanti itu pembangunan asrama baru untuk menambah yang ada saat ini,” ujarnya.

Dijelaskan dia, untuk lokasi pembangunan asrama haji yang baru ini dilakukan di atas tanah hibah dari Pemprov Lampung seluas hampir 1 hektar.

“Pusat menyiapkan struktur anggarannya. Kemudian, Pemprov melalui pak Gubernur, memberikan dukungan lahan,” jelasnya.

Seharusnya, sambung dia pengajuan anggaran ini bisa masuk di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) TA 2017 ini. Kendati demikian, sambung dia Kementerian tidak bisa memasukkan program tersebut, apabila lahan hibah belum bersertifikat.

“Jadi persoalannya adalah sertifikatnya saja. Jadi, untuk itu saat ini kita sedang mengurus tentang sertifikat itu,” jelasnya.

Dia mengklaim deengan anggaran sebesar itu, nantinya di tahun 2018, asrama haji Rajabasa Bandarlampung tersebut, akan berbentuk layaknya hotel bintang tiga. Di mana dengan fasilitas kamar dan kelengkapan lainnya.

“Kalau detailnya, saya harus melihat data. Begini, intinya, fasilitasnya nanti tidak kalah dengan hotel berkelas bintang tiga lah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) Edarwan mengatakan, untuk wewenang Pemprov Lampung hanya dalam pekerjaan rehab gedung asrama haji.

“Kalau Dinas, hanya berwenang dalam rehab saja. Kalau embangunan baru itu kan wewenang Kementerian,” kata dia.

Mantan Pj. Bupati Lampung Tengah ini mengatakan, rehab yang akan diakukan adalah ada lima lokal. Yakni perehapan aula Bayanihan, Aula Arafah, klinik kesehatan, penataan halaman Islamic Center, dan Rehab Masjid Islamic.

“Sementara ini, laporan dari bidang seperti itu. kalau persoalan pengerjaannya ya di tahun ini. Saat ini kami seang mempersiapkan materi tentang pelelangannya,” jelasnya.(tnn)