. . .

Aslog Panglima TNI Buka MLTT Ke-4 Kerjasama dengan Australia

image_print

TRANSLAMPUNG.COM –  Asisten Logistik (Aslog) Panglima TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Dr. Ir. Bambang Nariyono, M.M., membuka Mobile Logistic Training Team (MLTT) ke-4 tahun 2018 bertempat di Hotel Santika, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (13/8/2018).

Dalam sambutannya Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono menyampaikan bahwa kegiatan MLTT ke-4 diadakan dalam rangka pertukaran informasi guna memberikan pemahaman yang lebih baik bagi Perwira TNI mengenai penerapan dan pemanfaatan Mutual Logistics Support Arrangement (MLSA) dalam mendukung operasi serta latihan TNI.

MLTT ke-4 tahun 2018 merupakan hasil kesepakatan dalam kerjasama logistik antara TNI dan Australian Defence Force (ADF) atau Joint Logistic Sub-Committee TNI-ADF (JLSC TNI-ADF) yang merupakan salah satu komite kerjasama yang diketuai bersama oleh Commander Joint Logistic (CJLOG) dan Aslog Panglima TNI dan berada di bawah naungan Australia-Indonesia High Level Committee (Ausindo HLC).

Dalam perjalanannya, JLSC TNI-ADF telah melakukan terobosan dengan disepakatinya Pengaturan Dukungan Logistik Timbal Balik/Mutual Logistic Support Arrangement(MLSA) pada tanggal 26 September 2014, dalam MLSA tersebut kedua negara sepakat untuk dapat saling membantu dalam bidang logistik melalui mekanisme dukungan logistik timbal balik berbasis reimbursement yang saling menguntungkan.

Kegiatan MLTT ke-4 tahun 2018 dilaksanakan mulai tanggal 13 s.d. 16 Agustus 2018 yang melibatkan 19 peserta dari personel Mabes TNI dan Angkatan serta para instruktur dari Australia diantaranya Lieutenant Colonel Paul Nelson, Squadron Leader Matthew Kelly dan Major Steven Foenander.

Turut hadir dalam pembukaan MLTT, Atase Pertahanan Australia untuk Indonesia Commodore Robert Plath beserta perwakilan Satker Mabes TNI dan Angkatan. (rls)