ASITA Ajarkan Buat Paket Wisata Siswa SMKN 4 Bandarlampung

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Bandarlampung bekerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau dikenal dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) untuk memberi pelatihan uji kopetensi membuat brosur dan rundown paket pariwisata di Lampung.

Hal itu dikatakan oleh Sekretaris ASITA, Adi Susanto yang sekaligus pelaku usaha travel agent Adiyatama kepada translampung.com via telpon, Senin (12/3/2018).

“Kegiatan itu merupakan uji kopetensi Asita supaya mereka bisa membuat paket wisata, membuat brosur dengan baik dan benar. Selama ini para siswa belum bisa membuat rudown paket wisata yang benar,” ucap Sekjen ASITA.

Adi juga menjelaskan, bahwa materi yang diberikan tidak hanya sekedar membuat brosur pariwisata, namun para siswa tersebut diajarkan bagaimana membuat paket wisata yang bisa membuat wisatawan lokal maupun luar daerah tahu tempat wisata apa saja yang ada di Lampung.

“Mereka diajarkan bagaimana membuat wisatawan tertarik terhadap Lampung,” ungkapnya.

Kegiatan uji kopetensi yang digelar selama dua hari dari Senin hingga Selasa (12-13/3) mendapat apresiasi dari ASITA, khususnya Sekjen ASITA Adi Susanto. Pasalnya, langkah yang diambil SMK 4 Bandarlampung sangat tepat karena langsung bekerjasama dengan asosiasi yang memang membidanginya.

“Bagaimana tidak, baru SMK 4 Bandarlampung yang langsung bekerjasama dengan sebuah asosiasi yang memang dibidangnya. Sebab di dalam asosiasi ini merupakan perkumpulan pengusaha dan penggiat dibidang pariwisata. Jadi tau apa mau dari masyarakat,” cetusnya.

Tidak haya itu, Adi juga menambahkan, bahwa para siswa juga diajarkan guiding dan Tiketing, sehingga saat mereka lulus dan tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi tidak binggung saat akan membuka usaha trevel wisata.

“Mereka bisa tau bagaimana memandu wisatawan dan bagaimana melakukan pemesanan tiket di maskapai atau yang lainnya. Saya harap hal ini bisa diikuti oleh sekolah-sekolah lain yang membidangi pariwisata agar bisa memajukan pariwisata khususnya di Lampung,” pungkasnya. (hkw)

News Reporter