APBD Lamtim Danai Biaya BPJS Masyarakat Miskin

TRANSLAMPUNG.COM, SUKADANA-Pemerintah pusat menunjuk BPJS untuk menyelenggarakan jaminan sosial bagi masyarakat. Ada beberapa cara bagi masyarakat yang ingin mendaftar menjadi peserta BPJS.

Yang pertama BPJS Mandiri, BPJS Tenaga kerja/perusahaan dan BPJS bagi masyarakat miskin yang belum terakomodir oleh kartu KIS dapat masuk dalam BPJS yang dibiayai oleh APBD.

Kepala Dinas Sosial yang diwakili oleh Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Yusro Jupri Rabu (1/3) mengatakan mekanisme untuk mendapatkan kartu BPJS yang dibiayai oleh APBD Lamtim untuk masyarakat miskin pihak dinas sosial hanya memberikan rekomendasi kedinas kesehatan selanjutnya dinkes yang melaksanakan dan melakukan pendataan secara database.

Untuk diketahui masyarakat yang ingin mendaftar menjadi peserta BPJS ada ketentuan yang mengatur berdasarkan Permensos No. 146 / HUK / 2013 karna ini untuk mengakomodir masyarakat yang benar benar miskin yang belum masuk kedalam database program nasional seperti kartu KIS.

Yusro Jupri menambahkan ketika kita memberikan rekomendasi bekerja sama dengan tenaga kesejahtraan sosial kecamatan ( TKSK ) yang tersebar di 24 kecamatan dikab. Lampung Timur.

Para TKSK bekerja berdasarkan SK Komensos peran dari TKSK menverifikasi masyarakat yang benar benar miskin sesuai dengan tupoksinya. Adapun berdasarkan Permensos No. 146 / HUK /2013 untuk menentukan bagi masyarakat yang layak mendapatkan bantuan perlindungan kesehatan ada 11 kriteria, yaitu : 1. Tidak mempunyai sumber mata pencaharian tetap, 2. Mempunyai pengeluaran sebagian besar mengkomsumsi makanan pokok dengan sangat sederhana, 3. Tidak mampu/mengalami kesulitan

Berobat ketenaga medis kecuali subsidi pemerintah, 4. Tidak mampu membeli pakaian 1 kali dalam setahun, 5. Mempunyai kemampuan hanya menyekolahkan anaknya sampai SMP, 6. Mempunyai dinding rumah terbuat dari bambu,kayu / tembok dengan kondisi tidak baik, 7. Kondisi lantai terbuat dari tanah / kayu / kramik kondisi tidak baik kwalitas rendah, 8. Atap terbuat dari Ijuk / Rumbia / genteng / asbes dengan kwalitas rendah, 9. Mempunyai penerangan bangunan tempat tinggal bukan dari listrik / pakai listrik tanpa meteran / numpang tempat rumah tetangga, 10. Luas lantai rumah kecil kurang dari 8 meter persegi per orang, 11. Tidak Mempunyai sumber air minum dari sumur / mata air yang tidak terlindung seperti air sungai.

“Untuk masyarakat yang mendapatkan perlindungan kesehatan yang dibiayai oleh APBD tetap mendaftar dikantor BPJS dan untuk 3 bulan pertama masyarakat yang membayar,” pungkasnya.(r9)

News Reporter