. . .

Apani Jadi Bupati 22 Hari

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, JAMBI – Kementerian dalam negeri (Kemendagri) telah memutuskan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I ) Sekretariat daerah Provinsi Jambi, Apani Saharudin menjadi pejabat Bupati Merangin.
Apani sebelumnya berhasil menyisihkan dua saingannya yang notabene adalah Kepala Biro di Setda Provinsi Jambi. Menariknya, dia diprediksi takkan genap sebulan memimpin Merangin.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Jambi Rahmad Hidayat, menyampaikan, keputusan ini didapat berdasarkan SK Kemendagri yang dia terima pada Jumat (24/8) lalu. “Beliau sudah diberi tahu, dan bersiap untu dilantik,” sampainya saat dikonfirmasi koran ini (27/8).

Dikatakan Rahmad, waktu pelantikan akan dilaksanakan pada Rabu (29/8) mendatang, pukul 20.00 WIB malam. Bertempat di Rumah dinas Gibernur jambi. “Nantinya akan dilantik langsung oleh Plt Gubernur,” sebutnya.
Mengenai durasi kepemimpinannya , menurut Rahmat akan habis pada 20 September mendatang. “Sebab dalam SK Kemendagri, pelantikan Bupati dan Wabup Merangin akan dilangsungkan 20 September,” jelasnya.

Berarti secara matematis Apani hanya akan memimpin Merangin selama 22 hari saja. “Untuk mulai melaksanakan jabatan, sehabis pelantikan sebenarnya sudah bisa menjalankan tugas, dengan kewenangan penuh selaku Bupati,” ujar Rahmad lagi.

Selain itu, Rahmad juga menyebut dalam pemilihan ini sebenarnya tidak ada latar belakang kedaerahan yang memenangkan Apani. Pasalnya , Apani sendiri bukan berasal daei Merangin. “Ini hasil keputusan Plt Gubernur yang disetujui Kemendagri, kalau harus putera daerah tidak, karena Apani berasal dari Batanghari,” pungkasnya.

Sementara itu untuk masa kepemimpinan Walikota Jambi yang akan berakhir pada 4 November mendatang, Rahmad menyebutkan pihaknya belum mengajukan nama Penjabat Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di tubuh Pemprov Jambi. “Nanti dilihat dulu masih memerlukan pelaksana harian atau memang langsung pejabat, yang jelas dalam SK Kemendagri untuk pelantikan Walikota Jambi pada 20 Desember mendatang,” sampainya.

Sementara untuk satu daerah yang melakukan pemilihan umum , yakni Kabupaten Kerinci akan melakukan pelantikan Bupati dan Wabup terpilih pada 14 Maret mendatang. “Karena yang paling lama lagi Kerinci pada 2019,” pungkasnya. (aba)