Anggaran Digeser, Dinas Perumahan Sibuk Cari Investor

Soal Pemugaran GOR Saburai

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG  – Pemprov Lampung melakukan melakukan pergeseran anggaran sebesar Rp 50 miliar di Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pengelolaan Sumber Daya Air  (SDA).

Awalnya, anggaran tersebut bakal digunakan untuk Pemugaran Gelanggang Olahraga (GOR) Saburai Bandarlampung,

Gubernur Lampung Ridho Ficardo mengatakan pergeseran anggaran ini untuk difokuskan kepada pembangunan dan perbaikan asrama haji dan islamic center. Di mana, untuk dukungan pelaksanaan embarkasi haji.

“Iya itu anggarannya kita geser. Kalau tidak salah sekitar Rp50 miliar. Tidak masalah kan anggaran di Dinas Perumahan juga kan,” jelasnya.

Dirinya mengatakan, hal ini juag untuk penguatan islamic center dan asrama haji sebagai salahsatu pusat kegiatan keagamaan. Di mana, yang selama ini dilakukan hanya untuk kegiatan tausiah dan kegiatan asrama haji saja.

”Ya utnuk dukungan-dukungan keagamaan lainnya, yang memang merangsang nilai-nilai yang ada.” jelansya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pengelolaan SDA Edarwan mengatakan,. membenarkan ada pergeseran anggaran yang dilakukan di Dinas yang dipimpinnya.

”Iya, kita merehab asrama haji dan menambah kegiatan di bidang sumber daya air. Karena fokus pak Jokowi juga,” jelasnya.

Mantan Pj Bupati Lampung Tengah ini mengatakan, dengan pergeserannya anggaran ini, bukan berarti pemugaran GOR Saburai berhenti atau terunfa. Ada alternatif yang dilakukan yakni dengan memanfaatkan pihak swasta.

”Bukan ditunda, tapi kita memberikan pihak swasta untuk berpartisipasi mengembangkan, kawasan enggal menjadi lokasi yang terpadu. Untuk pengembangan olahraga dan convention center. Juga, pusat edukasi dan taman yang ramah anak dan ramah lingkungan,” jelasnya.

Dijelaskan dia Pemprov hanya menyiapkan kajian pengembangan untuk menyusun kebijakan. Hal tersebut dipeuntukkan sebagai pedoman bagi investor bagaimana melakukan pengembangan secara lebih inovatif.

”Intinya, secara garis besar kita inginnya seperti ini. Nah, bagaimana pengembangannya nanti ya pihak swasta,” jelasnya.

Soal progressnya, dia mengatakan sedang melakukan penjajakan dengan beberapa investor yang ingin meanamkan modalnya utnuk Saburai. Namun, masih tahap awal.

”Ya pokoknya, mudah-mudahan tahun ini bsia selesai,” jelasnya.(tnn)

News Reporter