Anggaran Damkar Pol-pp 4 M: Perawatan Mobil Dinas Tidak Tercukupi.

0
633
views

TRANSLAMPUNG.COM
PANARAGAN–Terkait kelalaian Pihak Pemadam kebakaran (Damkar) dalam menanggulangi bencana, yang berakibatkan kediaman Mulkan (45) Warga Kelurahan Panaragan jaya Rt4-Dusun 2, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) nyaris ludes terbakar. beberapa waktu lalu, Inspektorat setempat langsung  melakukan penyelidikan.

‎Menurut pernyataan sekretaris Inspektorat Singgih, pihaknya di minta Inspektur Pirwansyah, melakukan pembentukan Tim Khusus untuk segera melakukan pemeriksaan atas kejadian yang mengakibatkan Rumah korban Terbakar, serta kroscek kesiapan dari pihak Damkar saat kejadian,‎ mengapa sampai tidak dapat di atasi oleh pihak tersebut.

‎” saat ini kami sedang melakukan penyelidikan full bakets,‎ hasil keterangan dari Kasat dan kabid serta anggota regu yang stanby saat itu, mereka menyatakan jika kendaraan tersebut mengalami kerusakan teknis. Yang tidak dapat di hidupkan (stater) ketika hendak terjun ke TKP. Sebelumnya, mobil Damkar itu  dalam keadaan normal tanpa kendala.”  Kata Singgih saat di jumpai Trans lampung.com seusai melakukan pemeriksaan di ruang Kesatuan POl-PP Tubaba pada (3/7/2017).

Lanjut dia, atas kejadian tersebut pihaknya berharap agar satuan Pemadam kebakaran dapat menjalankan tugasnya bedasarkan tanggung jawab, serta kedisiplinan selayaknya Aparatur Sipil Negara (ANS) yang siap mengambikan diri untuk Rakyat.

” soal Pagu anggaran Satuan Pol-PP tahun 2017 saat ini itu mencapai Rp 4 Miliar. Namun, kita belum mendalami sepenuhnya dalam penggunaan anggaran tersebut, Masih menunggu laporan resmi penggunaan keuangan mereka di alokasikan ke mana saja.” Kata dia.

Menanggapi hal tersebut Kasat Pol-Pp Sujadmiko‎, mengatakan. Saat kejadian dirinya mendapat sambungan telpon dari warga, sekira Pukul 14:32 Wib, seketika itu dia langsung menghubungi Kabid Damkar, yang juga langsung perintahkan ke anggota regu yang piket saat itu untuk bertindak.

‎” Setelah annggota regu mau berangkat ke TKP, kendaraan pemadam nya tidak bisa di stater, akibat Aciu nya tekor. saya pastikan mesin mobil nya dalam keadaan normal‎, Bedasar kan keterangan Orang Mekanik tekor Aciu itu hal biasa, sebab kendaraan nya jarang dinyalakan maka Daya Aciunya akan habis tersedot.” Kata Jadmiko, diruangkerjanya.

Dia juga membenarkan jika pagu Anggaran Pol-pp mencapai Rp 4 miliar, yang dipergunakan untuk pembayaran gajih sejumlah Angota Pol-pp 238 Damkar 80 orang, ‎Pasilitas Kantor, Uang oprasional, serta uang BBM. Namun saat di singgung masing-masing besaran anggaran yang dipergunakan, dirinya terkesan enggan memberikan keterangan secara rinci.

‎” semua kendaraan ada 6 unit, diantaranya mobil Dalmas 1, Damkar 2, Patroli 1, Patwal 1, ‎dan Kasat 1 unit. ‎Soal anggaran untuk perawatan kendaraan itu memang benar tidak kita anggarakan, sebab itu semua keterbatasan dari anggaran yang kita kelola selama ini.” kilah nya. (Dirman)