. . .

Anggaran Belanja Naik Rp1,94 M, Pendapatan Turun Rp14,26 M

image_print

Foto: HUMAS DPRD TANGGAMUS

TERIMA LAPORAN BANGGAR: Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan bersama para Wakil Ketua DPRD dan Pj. Bupati Tanggamus Zainal Abidin, menerima Laporan Pembahasan Banggar DPRD dalam Paripurna Pengesahan APBD-P 2018 dari Jubir Banggar, Pahlawan Usman, Jumat (7/9) petang.

 

Pengesahan APBD-P 2018 Kabupaten Tanggamus

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah bersama Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengesahkan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2018, Jumat (7/9) petang. Dalam paripurna pengesahan APBD-P tersebut, dkketahui Anggaran Belanja increase Rp1,94 miliar. Anggaran Pendapatan decrease Rp14,26 miliar.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos. dan dihadiri 30 anggota dewan. Turut mendampingi Heri memimpin paripurna, Wakil Ketua I Rusli Shoheh, Wakil Ketua II Aris Budianto, dan Wakil Ketua III Sunu Jatmiko. Dari unsur Eksekutif, hadir Penjabat Bupati Tanggamus Ir. Zainal Abidin, M.T., seluruh Kepala OPD, para Camat, dan juga Forkopimda.

Juru bicara Badan Anggaran DPRD Tanggamus, Pahlawan Usman dalam laporan hasil pembahasan Banggar menyampaikan, semula Anggaran Pendapatan Rp1,645 triliun, berkurang Rp14,26 miliar, setelah perubahan Rp1,631 triliun. Semula Anggaran Belanja Rp1,645 triliun, bertambah Rp1,948 miliar, setelah perubahan menjadi Rp1,647 triliun.

Dari komposisi itu muncul defisit sebesar Rp16,2 miliar. Namun ditutupi dari pembiayaan netto sebesar Rp16,2 miliar. Sehingga Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) Rp0.

Saran kepada pemda agar setelah peraturan daerah ini disahkan, kata Pahlawan Usman, agar TAPD segera memprosesnya dalam waktu yang tidak lama. Sehingga APBD Perubahan tahun 2018 dapat digunakan sesuai perencanaan. Kemudian Pemkab Tanggamus diharapkan dapat lebih meningkatkan pendapatan dengan mengupayakan secara proporsional, dengan kebutuhan aktivitas pemda.

“Dan terus diupayakan efektivitas dan efisiensi serta meningkatkan pengawasan, baik secara internal maupun eksternal sesuai dengan harapan dan fungsi masing-masing lembaga, baik Legislatif maupun Eksekutif,” ujar Pahlawan Usman menyampaikan saran Banggar DPRD.

Pj Bupati Berharap TAPD dan Banggar DPRD Hadir dalam Evaluasi Pemprov

SEMENTARA Zainal Abidin dalam pendapat akhirnya mengatakan, penyusunan rancangan perubahan APBD ini telah disesuaikan dengan arah kebijakan pokok pembangunan Kabupaten Tanggamus. Itu merupakan prioritas dan tertuang dalam Kebijakan Umum Anggaran Perubahan APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara TA 2018.

“Rancangan perda perubahan APBD yang telah disetujui bersama DPRD, paling lama tiga hari kemudian akan disampaikan kepada Gubernur Lampung untuk dievaluasi serta mendapat persetujuan. Dalam kegiatan evaluasi oleh gubernur ini, saya sarankan agar TAPD dan Banggar DPRD untuk ikut hadir bersama-sama. Sehingga apa yang menjadi catatan dan rekomendasi dalam evaluasi dari pemprov tersebut dapat dipahami dan ditindaklanjuti untuk penyempurnaan bersama,” harap Zainal Abidin.

Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Tanggamus mengucapkan terimakasih kepada seluruh Anggota DPRD Tanggamus yang sudah membahas Perubahan APBD 2018 dan telah menetapkannya sebagai perda. Hal ini sebagai bukti bahwa DPRD Tanggamus telah dapat melaksanakan salah satu kewajiban konstitusionalnya dengan sangat baik.

“Persetujuan yang disampaikan oleh DPRD Tanggamus mencerminkan perwujudan legitimasi dewan terhadap suatu kebijakan pemerintah daerah. Dan merupakan upaya bersama untuk mengapresiasi dan mengakomodir aspirasi masyarakat Tanggamus,” pungkas Zainal mengakhiri sambutannya. (ayp)