. . .

Andi Wijaya ”Hijrah” ke Pemprov, Hamid H. Lubis Jabat Plh. Sekda Tanggamus

image_print

SERTIJAB SEKDA: Andi Wijaya secara simbolis menyerahkan jabatannya sebagai Sekda Tanggamus pada Plh. Sekda Hamid H. Lubis, disaksikan Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Selasa (9/10) siang. (Foto: DISKOMINFOTIK TANGGAMUS)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Setelah 20 tahun 7 bulan berkiprah sebagai Aparatur Sipil Negara dan sukses menjadi Sekretaris Daerah Tanggamus,  Andi Wijaya, S.T., M.M. resmi meletakkan jabatannya, Selasa (9/10) siang. Untuk mengisi kekosongan kursi ASN tertinggi di Kabupaten Tanggamus itu, Hamid Heriansyah Lubis yang sebelumnya menjabat Stah Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, ditunjuk menjadi Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah.

Usai melepaskan jabatan Sekretaris Daerah Tanggamus, Andi Wijaya kini beralih tugas ke lingkup Pemerintah Provinsi Lampung. Alih tugasnya Andi Wijaya menjadi ASN di Pemprov Lampung, tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Lampung Nomor: 828/736/AT/VI.04/2018 tentang Alih Tugas Sekda Tanggamus dan Surat Persetujuan Bupati Tanggamus Nomor: 800/1290/45/2018 tanggal 24 September 2018. Sedangkan penunjukkan Hamid H. Lubis sebagai Plh. Sekda Tanggamus, sesuai Surat Perintah Bupati Tanggamus Nomor: 800/1456/45/2018.

Prosesi serah-terima jabatan Sekda Tanggamus, digelar di Ruang Rapat Utama Bupati Tanggamus, Selasa (9/10) siang. Disaksikan langsung Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M. dan jajaran Kepala OPD di lingkup pemkab setempat.

Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan, pergantian jabatan di lingkungan ASN adalah sesuatu yang biasa terjadi. Untuk itu, ASN selaku pelayan masyarakat, harus siap dengan segala tugas yang diberikan.

”Selama Pak Andi Wijaya menjabat sebagai Sekda Tanggamus, tentu ada banyak keberhasilan untuk kabupaten kita. Begitu juga dengan pembinaan jajaran ke bawah.  Untuk itu, siapa pun yang menjadi Sekda harus siap mengawal program yang sudah menjadi komitmen Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus kepada masyarakat. Kita juga mendoakan Pak Andi Wijaya sukses di tempat yang baru,” kata bupati.

Kemudian kepada Hamid Heriansyah Lubis yang didapuk sebagai Plh. Sekda Tanggamus, bupati berharap agar bisa lebih baik lagi. Tentunya jabatan sekda harus mampu sebagai pengayom, menjaga harmonisasi, dan menjaga kebijakan bupati dan wakil bupati.

”Kepada Pak Hamid Lubis, tolong emban amanah ini dengan sebaik-baiknya,” harap Dewi Handajani.

Andi Wijaya mengaku bersyukur, bisa mengakhiri tugas sebagai Sekda Tanggamus dengan baik dan dalam suasana kondusif. Menurut dia, jabatan adalah amanah dan kepercayaan dari Allah SWT. Bukanlah hak milik mutlak yang tidak dapat berubah.

”Saya sudah 20 tahun 7 bulan mengabdi sebagai ASN di Kabupaten Tanggamus. Dimulai dari staf sampai akhirnya dipercaya menjabat sebagai sekda. Saya tidak pernah bermimpi sebelumnya, tapi Allah yang kasih jalan. Saya juga bersyukur bisa mengakhiri jabatan sebagai sekda dalam suasana kondusif. Untuk itu, saya mohon maaf kepada seluruh rekan-rekan yang sudah mendukung dan saya juga mohon maaf kalau selama bertugas, ada kesalahan. Saya tidak menangis karena melepaskan jabatan, tapi senyum kalian yang saya rindukan,” ungkap  Andi Wijaya.

Ia juga meminta kepada ASN Tanggamus untuk terus meningkatkan kompetensi, terus berinovasi , dan menjadi pelayan masyarakat yang baik.

”Saya yakin dan percaya, Tanggamus ini bisa lebih baik lagi ke depannya. Kepada seluruh ASN, harus mendukung segala program Ibu Bupati dan Pak Wabup Tanggamus,” kata Andi Wijaya menyampaikan harapan terakhirnya.

Sebagai Plh. Sekda Tanggamus, Hamid H. Lubis mengatakan, bahwa jabatan yang ia emban, merupakan kepercayaan dari Allah dan pimpinan. Dia berjanji, program kerja Andi Wijaya yang membawa keberhasilan, akan ia lanjutkan.

”Apa yang menjadi program Pak Andi, kita teruskan. Yang sudah berjalan baik, kita tingkatkan. Tentunya ke depan itu ada banyak tantangan. Salah satunya target Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas laporan hasil pemeriksaan BPK RI,” tandas Lubis. (ayp)

error: Content is protected !!