Anak Kim Jong-nam Juga Terancam

TRANSLAMPUNG.COM-Jika benar pembunuhan Kim Jong-nam dilakukan agen yang dikirim Korut, kini giliran nyawa Kim Han-sol yang terancam. Dia adalah putra pertama Jong-nam dari istri resminya. Jong-nam diketahui memiliki enam anak. Sebagian besar diperoleh dari perempuan simpanannya. Sama seperti ayahnya, selama ini Han-sol tinggal di Makau di bawah perlindungan Tiongkok.

’’Kini Jong-nam telah mati. Bisa dibilang kini putranya juga dalam bahaya besar,’’ ujar mantan diplomat Korut yang membelot ke Korsel, Koh Young-hwan. Hal senada diungkapkan mantan pejabat di militer Korut Ahn Chan-il, Kepala World Institute for North Korean Studies di Seoul.

’’Dia diam selama beberapa tahun setelah mengkritik Korut. Tapi, kini ayahnya telah diracun hingga tewas. Dia akan mulai bersuara lagi suatu hari nanti untuk mengkritik rezim (Korut),’’ tegasnya.

Pada 2012, ketika masih bersekolah di Bosnia, Han-sol pernah melabeli pamannya tersebut sebagai diktator. Dia juga menyatakan ingin kembali ke Korut dan memperbaiki keadaan. ’’Saya selalu bermimpi suatu hari saya akan kembali (ke Korut) dan membuat segalanya membaik, membuat segalanya lebih mudah bagi penduduk di sana,’’ ujar Han-sol kala itu.

Han-sol terkenal cerdas dengan bahasa Inggris yang sangat fasih. Dia lulus dari Science Po University, Prancis. Keberadaan pria 21 tahun tersebut kini tidak diketahui. Apakah masih di Makau atau sudah pindah ke tempat lain setelah kematian ayahnya. Beberapa pengamat yakin Tiongkok melindunginya untuk berjaga-jaga. Yaitu sebagai pengganti Jong-un jika ada pergolakan di Korut. Perlindungan tersebut juga diduga membuat Jong-un berang.

Jong-nam bukanlah satu-satunya orang terdekat Kim Jong-un yang tewas. Pamannya yang bernama Jang Seong-taek juga dieksekusi Kim Jong-un di Pyongyang pada 2013 dengan tuduhan korupsi dan penghianatan. Jang selama ini dikenal sebagai pelindung dan penyedia aliran dana untuk Jong-nam.
Keluarga Kim Jong-un yang lain secara halus dikirim ke luar negeri. Salah satunya adalah pamannya bernama Kim Pyong-il. Dia adalah saudara mendiang Kim Jong-il. Kim Pyong-il tinggal di Eropa Timur selama tiga dekade ini. Pria 62 tahun itu menjadi duta besar Korut untuk Republik Ceko. Dia dulu digadang-gadang sebagai calon pemimpin tertinggi Korut.

’’Dulu membicarakan tentang (Kim Pyong-il) itu tabu dan pejabat yang mencoba berteman dengannya akan dihukum,’’ tegas Kim Sung-min. Dia adalah pembelot yang kini mengoperasikan stasiun radio propaganda anti-Pyongyang di Seoul.

Kakak Jong-un, yaitu Jong-chul, juga berusaha menjauhi masalah dengan hidup berkeliling ke luar negeri. Pria 35 tahun itu menjauhkan diri dari politik. Mata-mata Korsel tahun lalu mengungkapkan bahwa dia sengaja diasingkan dan diawasi dengan ketat. Kini dia kecanduan alkohol dan memiliki masalah mental.

’’Jika saja dia lahir di keluarga biasa saja, dia mungkin telah menjadi gitaris yang andal,’’ ujar mantan Wakil Duta Besar Korut di London yang membelot ke Korsel, Thae Yong-ho. (tnn)

News Reporter