Aksi Peduli Lingkungan, Lanal Lampung Bersama Pramuka Tanam Mangrove

0
325
views

TRASLAMPUNG.COM, PESAWARAN- Prajurit Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung bersama Pramuka Kwartir Daerah Lampung dibantu masyarakat melaksanakan kegiatan penanaman Mangrove di sekitar pantai Klara, Pesawaran, Rabu (18/10)

Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Kelik Haryadi, S.H., M.Si menyampaikan kegiatan tersebut dalam rangka Bhakti Sosial serta implementasi program kerja Lanal bidang potensi maritim juga sebagai bentuk kepedulian dan cinta akan ekosistem mangrove sebagai upaya pemulihan konservasi dan melindungi intregitas ekosistem mangrove di sekitar Teluk Ratai.

“Keberadaan mangrove memiliki peran dan manfaat yang sangat penting bagi lingkungan sekitar, khususnya bagi penduduk pesisir. Mangrove berfungsi sebagai stabilisator produktivitas sumber daya hayati wilayah pesisir yang akan berpengaruh terhadap perekonomian wilayah pesisir,” kata Danlanal Lampung.

Lebih lanjut disampaikan, dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat terjalin kebersamaan antara TNI AL dan masyarakat dalam mencintai laut maupun pantai guna menjaga lingkungan pantai dari bahaya erosi dan abrasi.

Dalam kesempatan itu juga Mayor Laut (KH) David Darius R, S.Pt, Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Lampung mengajak kepada seluruh peserta pramuka sebagai perwakilan Kwarcab untuk turut serta memelihara dan menjaga tanaman Mangrove tersebut. “Agar dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik, sehingga kedepannya ekosistem dan biota laut dapat memberikan andil dalam meningkatkan kondisi ketahanan Nasional,” tegasnya. (*)