. . .

Akmal : Camat Harus Mampu Mengayomi Masyarakatnya

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, LAMBAR – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Akmal Abdul Nasir, SH, menghadiri serah terima jabatan camat Balik Bukit.

Dalam sambutan Akmal Abdul Nasir, mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah, mengucapkan selamat atas serah terima jabatan Drs. Akmal Hakim., sebagai Camat definitip Balik Bukit, yang sebelumnya diemban oleh Sekertaris Camat (Sekcam) yakni Plt, Rosidi, S.Sos.

Pengangkatan camat itu merupakan amanah dan kehormatan dari pemerintah yang harus dijalankan dengan penuh rasa tanggung jawab, sebagaimana sumpah jabatan yang telah diucapkan, karena sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), harus siap ditempatkan dalam medan tugas dimanapun.

“Amanah yang diberikan kepada saudara akan dapat terlaksana dengan baik apabila saudara memiliki kompetensi dan integritas diri yang baik,” ucapnya.

Menurutnya, jabatan yang diemban ini merupakan kepercayaan pimpinan terhadap seorang ASN, dengan berbagai pertimbangan yang matang dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dengan tuntutan harus mampu mengayomi masyarakat dan peka terhadap permasalahan.

Sebagai seorang pimpinan wilayah (camat), tidak hanya dituntut untuk menyelesaikan hal-hal administrasi saja, tapi camat juga harus mampu menyerap berbagai aspirasi masyarakat serta mampu memberikan solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat. Dengan demikian, harus peka terhadap permasalahan yang timbul dimasyarakat.

“Hal ini bisa dilakukan bila seorang camat rajin turun ke bawah, membaur dengan berbagai lapisan masyarakat, sehingga seorang camat mampu menguasai kondisi wilayahnya. “Dengan cara itu, insyaallah berbagai tugas akan lebih mudah dilaksanakan,” ucapnya. (Sf)

error: Content is protected !!