Akbar Tanjung Persilahkan Laporkan Kejanggalan ke KPU

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung mempersilahkan instansi terkait memproses secara hukum kejanggalan dalam proses demokrasi. Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan jika ada kejanggalan dalam Pilgub Lampung.

Menurutnya jika ada kejanggalan yang bertentangan dengan undang-undang masyarakat bisa menyampaikan keberatan di KPU.

“Ya kalau memang masyarakat ada melihat kejanggalan dalam pemilihan Gubernur, dan kejanggalan-kejanggalan yang dapat dikatakan tidak sesuai dengan amanat undang-undang atau bertentangan dengan undang-undang, bisa saja dia menggunakan mekanisme yang memungkinkan untuk menyampaikan keberatannya melalui KPU, melalui institusi-institusi yang lain, nanti tentu saja institusi KPU dan katakanlah Bawaslu, tentu mempelajari dan tentu kemudian diproses secara hukum, begitu saja,” tegas Akbar Tanjung, dalam sesi wawancara di hadapan awak media, usai acara silaturahmi dengan Kahmi dan HMI Cabang Metro, di TMII Kota Metro, Rabu (11/7).

Dia mengatakan, tak ada larangan lembaga terkait untuk menyelesaikan sengketa demokrasi seperti Pilgub Lampung ini. Menurutnya nantinya lembaga yang berkepentinganlah yang akan memutuskan hasil sengketa demokrasi.

“Kalau ada penyimpangan pada prinsip-prinsip demokrasi yang kita anut, dan terhadap penyimpangan itu ingin diproses dan dimungkinkan untuk melakukan langkah-langkah maka KPU atau Bawaslu dipersilahkan tidak ada larangan, nanti biarlah pada instansi terakhir tentu pengadilan yang akan memutuskan,” ucap Akbar Tanjung. (suf/hkw)

News Reporter