AIMI Lampung Gelar Menyusui Serentak

0
398
views

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Cabang Lampung menggelar kegiatan menyusui secara serentak se Indonesia, Minggu (24/4). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati 9 tahun Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) dengan diikuti 30 pasang ibu dan bayi yang berlangsung di Resto Saung Desa Pahoman Bandarlampung.

Menurut Upi Fitriyanti, Ketua AIMI Lampung, kegiatan ini dilaksanakan secara nasional digagas oleh AIMI, dilakukan serentak di 15 Provinsi dan 25 Kota, dengan mengusung tema “Sembilan yang diartikan Serentak Menyusui Bersama Ibu-ibu dan aktivis AIMI Nasional”.

”Menyusui itu lebih dari sekedar memberi ASI,  yaitu untuk kelangsungan generASI yang lebih baik. Menyusui adalah hal alamiah namun pelaksanaannya tidak selamanya mudah. Seorang ibu butuh lingkungan positif, dukungan terhadap fisik dan mental pasca melahirkan  Dan, karena aktivitas menyusui adalah hal yang normal dan alamiah, untuk itu ibu tidak perlu malu menyusui bayinya. Menyusui bayi bisa dilakukan di manapun dan kapanpun, yang terpenting adalah kenyamanan ibu dan memperhatikan etika setempat,” ujar Upi

Dikatakan dia, ada 15 Provinsi dan 25 Kota yang terlibat dalam kegiatan menyusui serentak ini adalah DKI Jakarta, Kalimantan Selatan (Banjarmasin), Jawa Timur (Surabaya), Jawa Tengah (Semarang, Solo, Purwokerto, Salatiga), Sumatera Barat (Padang), Jambi, Jawa Barat (Bandung, Bekasi, Cirebon, Depok), Bangka Belitung (Pangkal Pinang), Sumatera Utara (Medan), Bandar Lampung, Kalimantan Barat (Pontianak, Ketapang), Bali (Denpasar), Jogyakarta, Kalimantan Timur (Samarinda, Balikpapan, Bontang) dan Sulawesi Selatan (Makassar, Sorowako).

Kegiatan “Sembilan” memunculkan icon-icon wilayahnya masing-masing dan Lampung sendiri memunculkan icon gajah bertapis.  Peserta yang hadir mengenakan pakaian hitam dan putih sebagai simbol tekad yang kuat kaum perempuan dalam menyelamatkan generasi.

“Peserta sebagian besar adalah mereka yang pernah terkendala dalam menyusui tetapi dengan tekad yang kuat akhirnya berhasil memberi ASI kepada bayinya. Diharapkan dengan kegiatan ini maka akan semakin banyak orang yang terpapar informasi menyusui, sehingga semakin mudah seorang ibu menyusui memberikan hak anaknya mendapat nutrisi terbaik,” tutup Upi

AIMI Lampung merupakan AIMI Cabang yang ke-15 dengan kegiatan rutin antara lain Kelas EdukASI Menyusui, Kelas EdukASI MPASI, konsultasi menyusui/konseling home visit, AIMI Goes to Comunity (AGTC) dan AIMI Goes to Office (AGTO). (rls)

LEAVE A REPLY